Ketinggian Curug Cibeureum

Lokasi: Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43151
Map: Klik Disini
HTM: Rp 18.500 per Orang
Buka Tutup: 08:00 – 15:00 WIB
Telepon:

Curug cibeureum cianjur merupakan wisata alam yang terletak di Sukabumi. Sukabumi selama ini dikenal memiliki banyak wisata alam nan kerena. Namun, sayangnya sebagian orang belum mengetahui hal itu.

Dari sekian banyak destinasi tour, Curug Cibeureum Cianjur cukup populer dikalangan wisatawan. Curug adalah air terjun dalam bahasa Sunda. Lokasi air terjun ini di bawah kaki gunung Gede Pangrango yang mana masih satu kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

Sehingga, tak heran kalau air terjun ini sangat populer. Sebab, para pendaki melewatinya saat ingin mendaki gunung Gede Pangrango. Selain itu, kepopulerannya juga berkat banyak pengunjung yang mengunggah foto curug ke media sosial terutama instagram.

foto by instagram.com/dedypriangan/

Mitos Legenda
❤️

Cibeureum berasal dari Ci yang berarti air dan beureum berarti merah. Terdapat dua versi tentang penamaan air terjun ini. Versi pertama adalah karena dinding tebing sekitar curug telah ditumbuhi lumut merah (sphagnum gedeanum).

Kalau terkena sinar matahari lumut tersebut akan menimbulkan warna kemerahan seketika warna airnya pun ikutan berwarna merah. Sedangkan versi kedua, dikisahkan tentang pertapa sakti yang melakukan meditasi di kawasan ini.

foto by instagram.com/menyusuri.nusantara/

Pertapa itu bermeditasi sangat lama, saking lamanya pertapa itu berubah menjadi batu. Sementara aliran air terjun pun berubah merah. Menurut cerita, batu besar di tengah-tengah curug itulah perwujudan dari pertapa sakti itu.

Keindahan Alam
❤️

Aliran air terjun Cibeureum mempunyai karakteristik deras tapi tidak terlalu tinggi. Di kawasan wisata ini kamu akan merasakan udara yang segar, airnya pun jernih. Tentu membuat kamu betah berlama-lama disana.

Lanjut:  Masjid Agung Cianjur, Sisi Religius Dibalik Icon Kota

Keunikan curug ini adalah terdiri dari 3 air terjun. Pertama dengan namanya Curug Cibeureum merupakan kawasan utama berada paling kiri, aliran airnya pun paling deras dan pendek. Lalu ada Curug Cidendeng ukuran lebih ramping, lebih tinggi dan berada di tengah-tengah.

foto by instagram.com/gunturpgaji/

Sedangkan yang ketiga bernama Curug Cikundul, letaknya paling kanan diapit tebing-tebing. Sehingga, paling sepi pengunjung. Ketinggian ketiga air terjun ini sekitar 1675 Mdpl dengan tinggi rata-rata airnya antara 40 – 50 meter.

Tidak hanya wisatawan lokal saja, tapi turis asing juga banyak mengunjunginya. Keindahan alam yang tiada tara plus keunikan tersendiri merupakan daya tarik yang membuatnya tak kalah dengan wisata air terjun lainnya.

Di sepanjang perjalanan ada papan-papan dengan tulisan yang enak dibaca. Selain sebagai penghias, juga sebagai pengingan para wisatawan agar memperlakukan alam secara baik. Daripada sibuk memikirkan dan menabung untuk wisata luar negeri, lebih baik jelajahi alam dalam negeri dulu.

foto by instagram.com/kemanaajahayo/

Fasilitas Yang Ada
❤️

Tersedia berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan para pengunjung. Seperti ada tempat camping, bisa membuatmu menginap tanpa keluar biaya tinggi, pastinya lebih menantang dan menyenangkan. Tapi, jika tidak ingin camping, menginap saja dipenginapan sekitar sana.

Disana pun nampak warung makan, bisa memenuhi kebutuhan perutmu ketika lapar. Lalu, ada mushola sehingga bisa singgah sejenak untuk sholat saat waktunya tiba. Kemudian, ada pula toilet. Jadi, jangan pipis apalagi BAB sembarangan.

foto by instagram.com/yogialfarizi42/

Area parkir di curug juga cukup luas, bisa menampung kendaraan roda dua dan empat. Namun dari area parkir, kamu harus berjalan kaki agar bisa menikmati keindahan alamnya.

Harga Tiket Masuk
❤️

Walaupun tempat wisata ini masih alami, tetap saja dikelola dengan baik. Jam buka Curug Cibeureum pukul 08:00 – 15:00 WIB dari Senin sampai Minggu. Kalau HTM sebesar Rp 18.500. selain biaya tiket masuk, kamu pun harus mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp 5.000/ motor.

Lanjut:  10 Rekomendasi Cafe Daerah Cianjur Ini Paling Diserbu Oleh Kaum Milenials, Kamu Nggak Mau Ikutan?

Perjalanan Ke Lokasi
❤️

foto by instagram.com/yusuf_mhmmd11/

Lokasi air terjun ini di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Perbawati, Sukabumi, Cimacan, Cipanas, Sukabumi, Jawa Barat 43151. Dari gerbang masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Kamu akan melakukan haking sekitar 1 km, lama perjalanan sekitar 1 jam. Jalan setapak itu juga merupakan jalur pendakian Gunung Gede Pangrangi. Tak heran bila kamu nantinya bertemu dengan para pendaki.

Curug Cibeureum berada di kawasan Pondok Halimun, tepatnya di hulu Sungai Cipelang. Sepanjang perjalanan menuju kesana, akan disajikan pemandangan alam yang sangat asri, menyegarkan dan sejuk. Kamu takkan bosan.

foto by instagram.com/tsania15/

Sebagai tempat peristirahatan, pengelola menyediakan beberapa pos peristirahatan para pengunjung di sepanjang perjalanan. Pos pertama akan ditemui pada 30 menit perjalanan, di pos ini tersedia tempat istirahat, toilet dan pusat informasi.

Sementara pos kedua di dekat Telaga Biru yakni danau cantik dengan air berwarna biru nan jernih. Setelah itu, masih ada pos ketika terletak di sebelah pertigaan Panyancangan Kuda. Nah, di pos ini ada petunjuk arah kalau kearah kiri ke lokasi air panas, Puncak Gede dan Kandang Badak.

Sementara ke arah kanan menuju Puncak Pangrango dan Curug Cibeureum. Berarti kamu pilih arah kanan sehingga sampai di air terjun Cibeureum.

foto by instagram.com/titan3547379/

Jalan Menuju Lokasi❤️

Jika kamu menggunakan naik motor, mobil atau kendaraan pribadi dari Jakarta atau Bogor, bisa melewati jalur Tol Jagorawi ke Puncak, lurus sampai ke Cisarua, Puncak Pass, Ciloto sampai ke pertigaan Cibodas. Selanjutnya, ambil arah kanan sampai melihat papan petunjuk menuju Kebun Raya Cibodas.

Kalau kamu naik kendaraan umum, bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan jurusan Cianjur. Namun, sebelum naik tanya dulu pada kondektur atau supir apakah bus lewat puncak atau tidak. Sebab, biasanya di akhir pekan bus beralih ke jalur Jonggol karena menghindari macet.

Lanjut:  Beberapa Potret Taman Bunga Sakura di Kebun Raya Cibodas dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Apabila lewat puncak, maka naiklah dan turun di pertigaan Kebun Raya Cibodas. Berikutnya kamu harus naik angkot jalur Cipanas – Cibodas, turun di terminal Cibodas. Nah, dari terminal kamu lanjut jalan kaki hingga menemukan papan petunjuk ke Curug Cibeureum.

Tips Wisata
❤️

foto by instagram.com/ademarlina05/

Datang ke air terjun di hari-hari biasa saja dari Senin sampai Jum’at. Karena saat akhir pekan atau liburan akan padat pengunjung. Kamu pasti kurang puas mengeksplor alamnya. Selain itu, jalan menuju tempat wisata ini juga macet.

Waktu terbaik berkunjung adalah di pagi hari. Udara pagi lebih segar, suasanapun lebih sejuk. Kamu pun bisa lebih banyak waktu berkeliling atau mencari spot foto instagramable.

Ingat, jangan buang sampah sembarangan.

Ikuti aturan selama berwisata.

Karena letaknya sedikit tersembunyi, maka sebaiknya persiapkan fisikmu. Kakimu harus kuat berjalan sekitar 1 jam di jalan setapak.

Pakai alas kaki yang nyaman untuk aktivitas outdoor.

Kunjungan kamu ke air terjun ini bisa dijadikan satu dengan objek wisata lainnya. Adapun tempat wisata terdekat dari curug Cibeureum adalah Little Venice, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Gunung Gede Pangrango tentunya.

Walaupun kamu tidak percaya tentang mitos, tapi masyarakat sekitar percaya akan hal itu. Tak usah membantah, dan nikmati saja alamnya.

error: Content is protected !!