Curug Pangeran Bogor

Lokasi: Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 7.000 per Orang
Buka Tutup: 07.00-17.00
Telepon: (0632) 1456889

Kota Hujan Bogor memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata kece yang menjadi destinasi sebagian masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya.

Yang sangat terkenal adalah puncak Bogor. Semua jalur jalan menuju kawasan tersebut selalu macet total terutama jika masuk akhir pekan.

Namun, tidak hanya puncaknya yang terkenal, Bogor juga populer dengan banyaknya lokasi curug indah dan keren.

Bahkan, kota hujan ini menjadi salah satu kota dengan lokasi curug terbanyak se-provinsi Jawa Barat. Beberapa diantaranya telah dikelola dengan baik karena memang ditujukan sebagai destinasi wisata.

Akan tetapi banyak juga yang belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat. Dari sederet air terjun di sana, salah satu yang cukup populer adalah Curug Pangeran.

Foto By @sahrul_attaki

Bagi yang berencana berkunjung ke Curug Pangeran Bogor Gunung Salak Endah Bunder, berikut ini ada informasi tiket masuk, lokasi camping ground, penginapan 2024, dekat dengan sentul atau tidak.

Selain itu sesekali nampak rumah pohon saat melintasi jalur trekking juga terlihat pula lokasi dimana ranggon hills, leuwiliang, cibatok, dan lain sebagainya.

Segala sesuatu yang ada di pegunungan Halimun Salak khususnya alamat, akses, sejarah, misteri, rute, dan mitos kawasan curug seribu.

Lokasi ini dekat dengan ciapus dan lumayan dekat juga dengan cadas ngampar sukaraja. Ada juga cerita cigamea camp terletak di daerah mana dengan lokasinya cukup ngumpet atau tersembunyi.

Ada juga foto-foto, sari, Jawa barat, picung, gambar, jalur, kedalaman, kisah korban, lokasi, legenda, pamijahan, perkemahan, peta, tempat, dan villa wisata.

Keindahan Lokasi❤️

Foto By @daffa_aliffian

Bila Anda tidak menyukai tempat wisata alam yang ramai pengunjung, pergi ke Curug Pangeran bisa jadi alternatif destinasi paling tepat.

Curug Pangeran berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau tepatnya di Taman Wisata Gunung Bunder.

Air di curug ini sangat bersih, jernih dan tentunya segar. Berada di kec. Pamijahan dengan lokasi yang tidak terlalu tinggi dapat menjadi tujuan menghabiskan akhir pekan Anda.

Selain Curug Pangeran, di komplek taman nasional ini terdapat pula curug-curug lainnya seperti Curug Cigamea, Ngumpet, Seribu dan beberapa yang belum diberi nama.

Curug Pangeran tergolong curug yang tidak tinggi karena hanya memiliki ketinggian kurang lebih 6 meter.

Dibawah curug terdapat kolam alami bentukan alam dengan kedalaman mencapai 2 meter. Kolamnya tidak terlalu besar namun jernihnya air selalu membuat siapa saja yang melihatnya akan tergoda.

Kolam tersebut cukup untuk main-main air ataupun berenang. Di area depan Curug Pangeran terdapat batu-batu alam dengan ukuran yang lumayan besar.

Letak batu besar-besar ini agak berserakan diarea sungai. Sungai tersebut merupakan aliran yang datang dari curug.

Dengan eloknya pemandangan, sejuknya alam, dan kondisi yang masih alami inilah alasan para pengunjung untuk datang ketempat tersebut.

Tidaklah sulit untuk mencapai lokasi Curug Pangeran. Medan jalannya pun tidak terlalu berat untuk dijangkau.

Siapapun yang ingin menikmati suasana alam air terjun yang bersih, jernih, dan alami, datang saja ke Curug Pangeran Bogor Gunung Salak Endah.

Anda akan mendapatkan rasa damai, nyaman dan tenang. Hal ini kemungkinan dikarenakan oleh air dan suasana yang ditawarkan tempat ini.

Meskipun tidak ada fasilitas mewah seperti ditempat-tempat lain tetapi jernihnya air dan sejuknya udara yang dihirup akan membuat tubuh dan pikiran Anda fresh kembali.

Bagi Anda yang datang bersama kelurga khususnya yang membawa serta anak-anak tidak perlu merasa cemas. Mereka bisa bermain air, berendam atapun berenang karena tidak berbahaya.

Foto By @lelissaffitrii_

Akan tetapi, pengawasan terhadap anak itu tetap diperlukan meskipun tempatnya aman hanya saja menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Banyak sekali pengunjung yang kesini tidak hanya pemuda atau pemudi, backpacker, para ayah ibu yang mengajak serta buah hati pun lumayan banyak.

Lanjut:  10 Referensi Homestay Murah Daerah Bogor Dengan Pemandangan Alam Yang Cantik Harganya Mulai 100 Ribuan

Siapa tidak suka dengan tempat wisata alam yang murah, akses mudah dan bersahabat dengan anak.

Curug Pangeran belum terlalu dikenal masyarakat luas itulah alasan kenapa tempat ini tidak begitu ramai. Namun inilah yang menjadi daya tariknya.

Keadaan yang tak ramai membuatnya lebih nyaman karena pengunjung tidak akan kebisingan dan dapat menikmati suasana alam secara maksimal.

Jadi, bagi yang menginginkan sebuah tempat wisata menarik, tenang, nyaman namun tidak terlalu padat pengunjung, Curug Pangeran akan jadi salah satu favorit Anda.

Tapi jika kedepannya menjadi dikenal banyak orang semoga saja tetap dikelola dengan baik sehingga airnya tetap selalu jernih serta tempatnya juga bersih.

Seperti tipikal tempat wisata yang ramai didatangi pengunjung kebanyakan tempatnya menjadi semakin kotor dan kondisinya jadi tak teratur jika tidak dikelola dengan baik.

Camping Ground ❤️

Foto By @fawwey

Kebanyakan orang berpikir jika ke Bogor pasti ke puncak padahal tidak hanya puncak yang menawarkan pesona alam indah, ke curug bisa jadi alternatif wisata Anda.

Selain menawarkan panorama sekeliling air terjun yang indah dengan kesegaran dan kejernihan airnya, tempat wisata Curug Pangeran juga menyediakan Camping Ground atau area perkemahan.

Untuk Anda yang hobi dengan kegiatan alam khususnya camping pasti akan suka dengan tempat ini. Tidur dialam terbuka merupakan kesenangan sendiri bagi sebagian orang.

Di Curug Pangeran tidak disediakan tenda. Jadi yang berencana melakukan camping di Curug hendaknya membawa tenda sendiri-sendiri. Tiap orang dikenakan biaya sewa lahan per malamnya.

Ada gubug disediakan untuk bermalam disana. Jadi, bagi yang ingin camping namun malas membawa tenda dapat menggunakan gubug ini ramai-ramai bersama teman atau keluarga, muatannya cukup untuk 7 orang.

Jika tidak ingin tidur ditenda ataupun gubug, tersedia juga sebuah barak. Namun untuk menyewa satu barak membutuhkan biaya yang lumayan mahal.

Disekitar curug terdapat penginapan nyaman dan bersih untuk bermalam. Adapula villa-villa yang juga disewakan bagi para wisatawan taman nasional Gunung Salak.

Tentukan pilihan Anda ingin menghabiskan malam dimana dan tentunya sesuaikan dengan budget yang ada.

Harga Tiket Masuk❤️

Foto By @aryaznr

Seperti yang diketahui Curug Pangeran berada di kawasan Gunung Salak Endah tepatnya di taman wisata Gunung Bunder.

Saat masuk kawasan wisata Gunung Salak dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 7.500/orang. Sedangkan saat masuk kawasan Curug Pangeran, Anda harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 3.000/orang.

Harga ini jauh terjangkau dibandingkan curug-curug lainnya. Akan tetapi jika ingin menyewa area perkemahan dikenakan harga tersendiri yaitu Rp. 10.000,- per orang/malam.

Ini hanya harga untuk sewa tempat saja tidak termasuk tenda dan lain-lain. Tenda membawa sendiri dari rumah masing-masing.

Untuk menyewa gubug, uang yang harus dibayarkan sebesar Rp. 300.000/unit per malam. Sementara penyewaan barak yaitu kurang lebih sebesar Rp. 1.200.000/malam.

Tidak hanya fasilitas untuk perkemahan karena terdapat pula warung-warung yang menyediakan berbagai jenis minuman atau makanan ringan.

Selain makanan ringan ada juga makanan berat yaitu nasi beserta lauk pauk. Berikut ini daftar tarif beberapa fasilitas di Curug Pangeran secara lebih rinci.

  • Tiket masuk kawasan wisata Gunung Salak Rp. 7.500,-/orang
  • Tiket masuk Curug Pangeran Rp. 3000,- /orang
  • Parkir mobil Rp. 10.000,- /orang
  • Parkir motor Rp. 5000,- /orang
  • Sewa lahan perkemahan Rp. 10.000,- per malam/orang
  • Sewa gubug Rp. 300.000 per malam/unit
  • Sewa barak ±Rp. 1.200.000/malam

Curug Pangeran buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Jadi, bagi yang ingin berlibur ke daerah berudara sejuk tapi bosan pergi ke puncak Bogor mungkin ini bisa jadi alternatif.

Rute Menuju Lokasi❤️

Foto By @nurmalstary

Bagi yang ingin mengunjungi Curug Pangeran menggunakan kendaraan umum dan jika kebetulan berasal dari Jakarta, Anda dapat menggunakan jasa kereta api kemudian berhenti di stasiun Bogor.

Tapi, jika berasal dari daerah lain dapat pula naik kereta dari kota atau daerah masing-masing dan berhenti di stasiun Bogor juga. Dari situ cari angkutan dengan tujuan terminal Bubulak atau Laladon.

Lanjut:  The Jungle Waterpark Bogor, Wisata Bermain Air Paling Hits

Setelah sampai di terminal Bubulak atau Laladon, cari angkutan yang menuju ke Leuwiliang. Setelah sampai di pertigaan Cibatok, bilang kepada supir angkot untuk turun.

Dari sini ambil jalan kearah kiri yang cukup naik kemudian naik angkot dengan tujuan Curug Pangeran.

Akan tetapi angkot ini tidak bisa masuk ke Curug Pangeran, Anda harus melanjutkannya dengan naik ojek hingga sampai di kawasan wisata Curug Pangeran.

Perjalanan yang dibutuhkan cukup panjang dan harus naik turun angkot namun bagi yang suka tantangan ini justru jauh mengasyikkan.

Bagi Anda yang datang dari arah Jakarta dan menggunakan mobil, gunakan Tol Jagorawi dan keluar di gerbang tol Lingkar Luar Bogor.

Anda akan melewati fly over yang lumayan panjang hingga sampai di lampu merah yang pertama. Dari lampu merah ini, belok kearah kiri menuju Taman Yasmin dan lurus saja hingga bertemu Terminal Bubulak.

Dari terminal Bubulak belok saja kearah kanan kemudian jalan ke arah IPB Dramaga. Saat Anda telah melintasi kampus IPB kemudian lurus terus hingga pertigaan Cibatok.

Dari sini pilih jalur ke kiri kemudian bertemu jalan agak naik, ikuti saja. Kira-kira membutuhkan jarak sekitar 15 kilometer dari pertigaan Cibatok ke kawasan wisata Curug Pangeran.

Dari area parkir menuju lokasi utama curug, Anda butuh berjalan sekitar 500 meter. Tidak perlu khawatir karena track yang dilewati tidak terlalu susah. Perjalanan ke Curug Pangeran lumayan mudah dilalui.

Sejarah Misteri
❤️

Foto By @fawwey

Selain keindahan panorama alam yang disuguhkan Curug Pangeran, ternyata tempat ini menyimpan legenda yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang.

Pasti Anda penasaran dengan misteri dan cerita apa saja yang ada dibalik Curug Pangeran ini kan?

Konon ceritanya Curug Pangeran adalah petilasan teman dekat dari Raden Kian Santang yang adalah anak dari Prabu Siliwangi.

Sahabat karib Raden Kian Santang ini merupakan seorang pangeran yang juga berasal dari Kerajaan Pajajaran.

Misteri yang santer diperbincangkan oleh warga setempat adalah setiap malam jum’at terdengar suara sekumpulan orang sedang mandi.

Yang sering terdengar oleh beberapa warga adalah suara permainan alat musik tradisional. Suara-suara tersebut sering muncul saat malam Jum’at.

Foto By @rara_rachman27

Menurut kesaksian warga sekitar bahwa sering sekali setiap kamis malam atau malam jum’at terdengar sekumpulan orang main jaipong, degungan dan ada pula suara kereta kencana. Itulah mengapa tempat tersebut dijuluki ‘Curug Pangeran’.

Tidak hanya cerita dan misteri dibalik keindahan Curug Pangeran terselip pula sebuah mitos yang semakin membuat tempat ini unik.

Mitos tersebut adalah mengenai khasiat dari air curug. Para warga sekitar meyakini bahwa jika ada yang susah mendapatkan jodoh agar mandi dicurug maka akan segera memperolehnya.

Penduduk kampung sekitar Curug Pangeran memiliki keyakinan bahwa air Curug Pangeran juga mempunyai khasiat serupa seperti di Curug Kondang dan juga Curug Cigamea.

Kepercayaan ini berasal dari keyakinan warga bahwa curug-curug tersebut berasal dari aliran yang sama sehingga khasiatnyapun tidak jauh beda.

Aliran air itu mengalir dari Curug Pangeran dulu kemudian turun mengalir ke Curug Kondang lalu dilanjutkan ke Goa Lumut dan aliran terakhir menuju ke Curug Cigamea.

Obyek Wisata Terdekat❤️

Foto By @yollarn_

Pegunungan Halimun Salak adalah area konservasi yang memiliki luas mencapai 113.357 hektar.

Area ini terdiri atas kawasan bergunung-gunung yang puncak paling tingginya ada dua yaitu Gunung Halimun setinggi 1.929 Mdpl serta Gunung Salak yang mempunyai 282 meter lebih tinggi dibandingkan Gunung Halimun.

Pegunungan Halimun Salak adalah sebuah Taman Nasional yang berada di Jawa Barat dan dinobatkan sebagai hutan hujan di kawasan dataran rendah paling luas se-pulau Jawa.

Dalam satu kawasan TN Pegunungan Halimun Salak ada Gunung Sumbul setinggi 1.926 Mdpl, Gunung Sanggabuana setinggi 1.920 Mdpl, Gunung Botol setinggi 1.850 Mdpl.

Sementara Gunung Kencana setinggi 1.831 Mdpl, Gunung Halimun Selatan setinggi 1.758 Mdpl, Gunung Kendeng Selatan setinggi 1.680 Mdpl, dan Gunung Endut setinggi 1.471 Mdpl.

Lanjut:  Mau Rayakan Tahun Baru di Puncak? Ini 10 Tempat Paling Keren Untuk Melihat Firework Show

TN Pegunungan Halimun Salak memiliki sejuta pesona sehingga banyak sekali wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang kesini.

Bahkan ada beberapa agen paket wisata yang menyediakan layanan khusus rangkaian kegiatan yang dipusatkan hanya di Taman Nasional ini.

Karena banyak sekali destinasi menarik, unik dengan panorama eksotis yang tidak akan habis dikunjungi hanya dalam waktu sehari.

Biasanya paket-paket wisata ini dibagi dalam beberapa minat tertentu misalnya paket ekowisata, paket wisata desa atau budaya, paket pendakian gunung dan lain-lain.

Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki berbagai jenis tempat wisata flora, fauna, air, dan juga budaya.

Tempat-tempat wisata tersebut adalah Jembatan Tajuk – Cikaniki Reaserch Centre, Sawah Terasering, Perkebunan teh Nirmala Agung, Kampung Adat Kasepuhan, Air Terjun, Sungai, Hutan Halimun dan lain-lain.

Di taman nasional ini terdapat banyak sekali lokasi curug, sungai dan leuwi diantaranya Curug Piit yang berlokasi di Ciwalen Hanjawar.

Curug ini mempunyai ketinggian hingga 70 meter dan airnya memiliki warna hijau tosca. Curug Piit tepatnya terletak di kawasan belakang Cikaniki Reaserch Centre kampung Citalahab.

Selain Curug Piit ada juga Curug kecapi, Curug Nyunclung, Curug Cisarua, Curug Pasakan, Curug Walet, Curug Sawer, Curug Cikeris dan terdapat juga sungai Cikaniki, Leuwi Bombang, Bajing, dan masih banyak lainnya.

Ada beberapa jalur trekking yang dapat dilewati oleh para wisatawan. Jalur trek ini terletak di perkebunan teh Nirmala Agung, Malasari, Ciwalen, Citalahab, Sijagur- pesawahan terasering dan lain sebagainya.

Sedangkan viewing spot yang terkenal di taman nasional gunung halimun salak diantaranya area perbukitan di Hutan Halimun, pesawahan terasering yang terletak di Malasari serta Enclave Nirmala Agung.

Foto By @diditraditfauzi

Kawasan persawahan terasering yang ada disini tidak kalah indah dengan yang ada di Bali. Selain Malasari yang terkenal dengan terasering 1001, persawahan terasering juga terdapat di Hanjawar, dsb.

Baik dikawasan dalam ataupun luar taman nasional terdapat banyak area persawahan terasering. Kemudian ada Stasiun Penelitian Cikaniki.

Di kawasan ini terletak spot jamur menyala, curug macan serta Jembatan Tajuk Jalur Interprestasi.

Di Ciwalen dan Citalahab terdapat lokasi wisata fauna yaitu jalur untuk pengamatan burung dan lain sebagainya.

Dan di Ciwalen pula serta termasuk kawasan Cikaniki dan Pasir Banteng berada tempat wisata untuk aktivitas malam hari bernama ‘The Glowing Mushroom’.

Ini adalah jamur yang bersinar dikarenakan ada kandungan zat fosfor. Kemudian ada perkebunan teh yang populer dengan nama ‘Encalve perkebunan teh Nirmala’.

Perkebunan tersebut sudah ada sejak zaman pemerintah kolonial dan sekarang keindahannya tetap dijaga dan dikelola dengan baik.

Dan juga masih banyak lagi obyek wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Penginapan Terdekat❤️

Jika Anda berencana untuk menginap saat berkunjung kemari, dibawah ini ada beberapa homestay dan guest house yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

  • Homestay abah Nduy

Terletak di area belakang Pendopo Bupati 47 (rumah sejarah). Owner homestay memilih konsep kekeluargaan untuk homestaynya ini serta memiliki desain interior khas sunda.

  • Penginapan Sinarmas Nirmala Agung

Penginapan tersebut berada di Enclave Perkebunan teh Nirmala Agung.

  • Homestay Citalahab

Homestay ini merupakan kepunyaan penduduk Citalahab. Tempat ini terletak di kampung Citalahab Central.

Homestay Citalahab mempunyai ciri khas nuansa dan suasana kampung sunda. Sebagian besar penduduk Citalahab berprofesi sebagai pelaku wisata dan petani.

  • Homestay Ciwalen

Letaknya ada di pertengahan sawah dengan background indahnya panorama hutan halimun. Penginapan ini juga sebagai tempat tinggal para warga Ciwalen yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur orang sunda.

  • Penginapan Research Center Cikaniki

Penginapan ini hanya dikhususkan untuk para peneliti yang sedang melakukan penelitian di Taman Nasional Halimun.

Penginapan Research Center Cikaniki tersebut diketahui dikelola langsung oleh Taman Nasional Halimun.

error: Content is protected !!