Potret Pemandangan Kota Semarang Tempo Dulu Hingga Masa Kini Dari Siang Hari Hingga Malam Hari

Sudah lama Semarang dikenal sebagai salah satu destinasi yang menawarkan paket lengkap tempat wisata di Indonesia. Pasalnya, ibukota provinsi Jawa Tengah ini memiliki berbagai pesona menarik dari alamnya, keramahannya hingga aneka makanan khas.

Selain menjadi ibukota Jawa Tengah, Semarang juga merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Bahkan jumlah penduduknya hampir mencapai 2 juta jiwa.

Bukan hanya itu saja, sebagai salah satu pelabuhan utama pada jaman tempo dulu yakni masa kolonial Belanda, Semarang diketahui menyimpan jejak sejarah yang kuat, bisa dilihat dari keberadaan Vihara Sam Poo Kong di kawasan Bukit Simongan.

Masih ada banyak lagi hal menarik yang mungkin belum diketahui orang banyak mengenai kota Lumpia tersebut. Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut, yuk simak artikel JejakPiknik berikut ini!

Sejarah Singkat❤️

Foto By @potolawasofficial

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana keadaan kota Semarang tempo dulu, dimana saat belum ada gedung-gedung megah, keramaian dan kemacetan seperti sekarang ini?

Jadi, merujuk pada berbagai sumber, sejarah kota Semarang dimulai pada abad ke-8 M. Dimana pada saat itu, daerah pesisir pulau Jawa yaitu Bergota yg merupakan pelabuhan kecil memiliki gugusan pulau-pulau di depannya.

Akibat pengendapan, gugusan pulau tersebut kemudian menyatu membentuk daratan. Dan daerah ini pun menjadi tempat bersandar armada Laksamana Ceng Ho pada tahun 1405 M.

Pada abad ke-15 M, Pangeran Made Pandan ditempatkan Kerajaan Demak untuk menyebarkan agama Islam di bukit Bergota. Karena sangat subur, di wilayah tersebut pun muncul pohon asam yg arang (bahasa Jawa: Asem Arang).

Itulah awalnya daerah tersebut diberi nama Semarang. Kini kota tersebut sudah berusia 473 tahun, Dengan umurnya yang sudah matang, ibukota Jawa Tengah ini pun terus membangun dan berusaha mengejar ketertinggalan untuk menjadi setara seperti Jakarta serta Surabaya.

Lanjut:  7 Hal Penting Sebelum Berlibur ke Kopeng Treetop Advanture Park

Potret Masa Kini❤️

Foto By @rizqiiikurniawans

Memperingati Hari Jadi setiap tanggal 02 Mei dan sudah berusia 473 tahun, kini Semarang berhasil menempati urutan ke-lima sebagai kota terbesar di Indonesia, setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan.

Sebagai wilayah yang mengalami kemajuan dengan pesat, Semarang pun kini menjadi wilayah metropolis terpadat ke-empat, setelah Jabodetabek, Surabaya dan Bandung Raya.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangannya sangat cepat dimana dapat ditandai dengan kemunculan sederet gedung-gedung pencakar langit di berbagai sudut kota, kantor pemerintah, PKK, sekolah MAN hingga rumah sakit mewah.

Dan sayangnya, pesatnya perkembangan serta keramaian penduduk yg semakin meningkat membuat ibukota yang sudah berganti wali kota sebanyak 14 kali ini kini semakin macet.

Saat Siang Hari❤️

Foto By @semarang

Pemerintah setempat saat ini sedang gencar-gencarnya membenahi wajah kota Semarang. Sesuai rencana, semua akan di tata dengan baik guna untuk mewujudkan wilayah bebas kumuh.

Dan perkembangan tersebut pun berjalan sesuai rencana, beberapa titik bahkan terlihat sangat indah karena kebersihannya terjaga, apalagi kalau dilihat saat pagi atau siang hari.

Malam Hari Mempesona❤️

Foto By @semarangexplore

Ibukota provinsi Jawa Tengah ini dikenal selalu menghadirkan suasana sederhana namun cukup menarik untuk dikunjungi. Ditambah lagi, ada banyak bangunan bersejarah yang bisa ditemui disana.

Dan hal tersebut membuat kota Semarang memiliki banyak spot instagramable yang cocok untuk dikunjungi para pemburu foto-foto kece. Tidak hanya saat siang, ketika malam hari pun semakin menarik.

Berkunjung ke suatu daerah, menikmati wisata malam adalah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan begitu saja dan ini harus masuk dalam wishlist daftar liburanmu.

Dilihat Dari Atas❤️

Foto By @semarang

Selain elok dipandang saat siang dan malam hari, pernahkah membayangkan bagaimana keindahan pemandangan kota Semarang jika dilihat dari udara atau atas ketinggian?

Lanjut:  10 Referensi Cafe Baru Daerah Semarang Yang Asik Buat Nongkrong Ini Wajib Untuk Kalian Kunjungi!

Pasti potretnya akan sangat menakjubkan bukan? Sebuah kota dengan gedung-gedung pencakar langit serta jalanan yang dihiasi pepohonan hijau. Makin penasaran kan bagaimana gambar Semarang jika dilihat dari atas?

Nah, selain menggunakan teknik penginderaan jauh, mengunjungi gedung tertinggi disana mungkin bisa menjadi alternatif untuk menikmati pemandangan kota tersebut dari ketinggian.

Julukan Kota❤️

Foto By @infosemarang.co.id

Memiliki ciri khas tersendiri, tak heran bila Semarang memiliki beberapa julukan yang diberikan banyak orang, seperti:

  • Venetie Van Java

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa ibukota Jawa Tengah ini dulunya adalah sebuah pelabuhan yang memiliki banyak sungai-sungai yg tersebar di seluruh areanya. Maka tak heran bila mendapatkan julukan “Venetie Van Java” oleh kolonial Belanda.

  • Kota Lumpia

Lumpia adalah salah satu makanan khas Semarang yang kini banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Penganan tersebut merupakan perpaduan dua budaya yakni Cina serta Jawa.

  • Kota Atlas

ATLAS adalah semboyan dari Semarang dimana merupakan singkatan Aman, Tertib, Lancar, Asri dan sehat.

  • The Port of Java

The Port of Java merupakan julukan yang diberikan pemerintah setempat. Dijuluki demikian karena dari tempo dulu sampai sekarang, Semarang menjadi pelabuhan kapal-kapal dari berbagai wilayah.

Destinasi Wisata Hits❤️

Berbicara tentang ibukota Jawa Tengah, kurang lengkap rasanya kalau hanya membahas sejarah tanpa makanan khas dan destinasi wisata hits disana.

Dan berikut adalah beberapa daftar destinasi wisata hits yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur ke kawasan The Port of Java ini.

  • Kota Lama

Foto By @ahmatnur1805

Kawasan Kota Lama yang dijuluki Little Netherlands ini menawarkan sejumlah bangunan-bangunan bergaya arsitektur Eropa yg menjadi saksi bisu sejarah pada masa kolonial Belanda.

Lanjut:  10 Foto Indahnya Taman Indonesia Kaya Semarang

Dan kawasan tersebut kini menjadi salah satu destinasi wisata hits sekaligus icon disana. Selain menawarkan spot foto instagramable, juga menyuguhkan sederet berbagai tempat hiburan.

Tidak sulit untuk menemukannya, karena menurut peta letaknya cukup strategis hingga muda dijangkau baik dengen menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

  • Simpang Lima

Foto By @semarangprojects

Selamat datang di Simpang Lima! Ini adalah salah satu ikon Semarang yang menawarkan beragam hal menarik dari mulai tempat bermain anak, pusat perbelanjaan hingga spot wisata malam.

Letaknya sendiri berada di kawasan yang cukup strategis dan banyak yg bilang, kawasan tersebut merupakan salah satu tempat nongkrong favorit anak-anak muda disana.

Bila penasaran bagaimana bentuk dari simbol selamat datang di Venetie Van Java ini, gambar-gambar atau foto-fotonya bisa kamu lihat dan download di internet.

  • Tugu Muda

Foto By @destinasisemarang

Semangat perjuangan serta patriotisme warga Venetie Van Java dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia, telah diapresiasi dengan dibangunnya Tugu Muda yang letaknya berada tepat di depan rumah dinas wali kota Semarang.

Tugu Muda juga termasuk salah satu logo yang masuk dalam lambang Semarang. Simbol ini menunjukkan betapa gagah dan gigihnya para pemuda menghadapi tragedi pertempuran lima hari di kala itu.

Berkunjung ke Tugu Muda, kamu bisa menghabiskan malam hari sembari nongkrong atau berfoto dengan pasangan atau teman-teman. Letaknya pun tak jauh dari Lawang Sewu, sehingga kamu dapat menikmati dua destinasi secara sekaligus.

Selain daftar diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi objek menarik lainnya yang juga wajib kamu kunjungi di Venetie Van Java, seperti Kampung Pelangi di Semarang Selatan, Gunung Ungaran, dll.

Nah, sekian info singkat tentang gambar kota Semarang yang bisa JejakPiknik sajikan. Semoga bermanfaat!

error: Content is protected !!