Gili Kedis di Lombok Barat

Alamat: Sekotong Barat, West Lombok Regency, Nusa Tenggara Barat
Map: Klik Disini
HTM: Rp.5.000
Buka: 24 Jam

Pulau yang terletak di sebelah timur Bali ini juga merupakan surga bagi banyak wisatawan yang berasal dari berbagai daerah, bahkan dari berbagai negara.

Ya, jajaran kepulauan yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki daya tarik begitu luar biasa terutama melalui wisata baharinya.

Salah satunya adalah pulau utama di Provinsi NTB yaitu Pulau Lombok. Di sekitar wilayah ini ada sekitar 35 Gili atau pulau-pulau kecil.

Foto By @neythen_7

Istilah Gili, dalam Bahasa Sasak berarti Pulau Kecil atau Nusa Kecil. Diantara semuanya, terdapat 5 gili yang terkenal hingga ke mancanegara dan sangat layak untuk dijadikan destinasi wisata.

Salah satu Gili, yaitu Gili Kedis adalah pulau yang akan memberikan kesan ‘private island’ bagi siapapun yang mengunjunginya.

Pulau ini tak berpenghuni dan baru saja dikenal oleh publik. Pantai yang ada di sini pun tergolong hening, aman, nyaman dan bersih.

Sehingga sangat cocok untuk digunakan wisatawan (baik dalam maupun luar negeri) yang memang mencari waktu berlibur pribadi.

Lokasi Rute❤️

Foto By @lomboknesia._

Letak Gili Kedis berada di dekat Gili Sudak, wilayah Sekotong, di pesisir Barat Daya Pulau Lombok. Lokasinya sekitar 22,7 km dari kawasan Selong Beranak.

Jika menggunakan perahu motor untuk menyeberang ke tempat ini dibutuhkan waktu kira-kira 10 menit agar sampai ke Gili Kendis.

Lokasi tepat Gili Kendis adalah di kawasan Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Gili Kedis memang tidak luas bahkan bisa dibilang mungil, tetapi jangan salah pemandangan di tempat ini dan di dalam perairan sekitar tempat ini sanggup menghipnosis siapapun.

Foto By @explorer1.0

Wilayah Sekotong di bagian barat Pulau Lombok memang menyimpan potensi wisata bahari yang begitu luar biasa dan indah.

Lanjut:  Bukit Pergasingan Sembalun

Banyak terdapat gili atau pulau kecil yang menyuguhkan pemandangan yang cantik sekali, alami, dan suasananya begitu tenang. Belum lagi kalau sudah lihat kondisi perairannya yang sangat bisa dijadikan tempat snorkeling.

Beberapa titik snorkling tersedia di tempat ini, seperti di Tangkong, Gili Nanggu, Penyu, Kedis, Sudak, Gede, Lontar, Layar, Asahan, dan Rengit. Wisatawan dipersilakan untuk menikmati waktu bermain air dan menikmati udara tropisnya.

Foto By @mattkerlywee

Gili Kedis memiliki banyak sekali pantai yang cantik dan masih ‘perawan’ atau belum terjamah oleh masyarakat umum.

Dari pusat Kota Mataram, kira-kira membutuhkan waktu perjalanan sekitar 90 menit. Perjalanan ini dihitung dari titik pemberangkatan Bandara Internasional Lombok ke Pelabuhan Tawun.

Dari Pelabuhan Tawun perjalanan akan dilanjutkan dengan melintasi laut menggunakan perahu boat. Harga sewanya sekitar Rp.200.000,00 untuk 1 kali perjalanan pulang pergi.

Alternatif lain untuk melakukan perjalanan kesana adalah menyewa perahu mesin milik nelayan dengan harga kira-kira Rp.300.000,00 untuk pulang pergi. Para nelayan ini tinggalnya di perkampungan dekat Pelabuhan Lembar.

Daya Tarik❤️

Foto By @explorer1.0

Pulau Lombok adalah salah satu pulau cantik di Indonesia dengan banyak gilig-gili yang belum banyak dikenal dunia.

Gili Kedis adalah pulau mungil yang memiliki daya tarik begitu besar bagi siapapun untuk melirik bahkan mengunjungi tempat yang belakangan menjadi tempat favorit berbulan madu bagi pasangan yang sudah menikah.

Beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Gili Kedis tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cocok Untuk Snorkeling
Foto By @alexa__fortin

Lokasi Gili kendis diselimuti oleh hamparan pasir putih yang bersih dan ada pepohonan. Pemandangan bawah air yang dangkal sangat menggoda siapapun untuk pergi ke pulau ini dan melakukan snorkling

  • Bak Private Island

Gili Kedis ini salah satu gili yang masih hening atau sepi pengunjung. Ketenaran Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, ketiga Trio Gili, tentu sudah terkenal di kalangan masyarakat.

Lanjut:  10 Daftar Pilihan Homestay Daerah Lombok Dengan Harga Murah dan Kualitas Terbaik Mulai 100 Ribuan

Belum banyak orang mengetahui tempat ini, dan tentu tidak akan dipenuhi dengan keramaian manusia dan aktivitas perdagangan. Sangat recommended untuk para penyuka keheningan dan menghabiskan waktu bersama dengan lautan.

  • Mudah Dijelajahi

Gili Kedis mempunyai wilayah yang kecil, hanya dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk berjalan kaki mengelilingi pulau ini.

  • Airnya Begitu Jernih

Air laut di sekeliling Gili Kedis sangat jernih/bening, mirip sekali dengan sensasi yang diperoleh ketika berenang di private pool.

  • Dikelilingi Pepohonan
Foto By @world_of_vacation

Di sekitar kawasan Gili Kedis terdapat pepohonan yang cukup rindang dan berugak atau pendopo, dapat menjadi tempat berteduh di kala terik matahari menyengat.

  • Alam Bawah Lautnya Mempesona

Gili Kedis mempunyai pesona alam bawah laut yang sangat indah dan mengaggumkan, rerumbu karang yang masih alami dan terjaga dengan baik di alam dan ikan-ikan karang yang cantik. Tentu bisa dinikmati kalau sobat melakukan aktivitas snorkling.

  • Biaya Masuk Free

Gratis! Tidak ada retribusi ataupun bayar tiket masuk untuk menikmati suasana Gili Kedis. Cukup bayar transportasi boat buat sampai ke tempat ini.

  • Cocok Untuk Berjemur
Foto By @roxsenna

Wisatawan sangat bisa untuk berjemur atau hanya sekadar bersantai sembari duduk menikmati pemandangan lautan lepas dan hempasan ombak yang sangat indah. Pengalaman ini tentu akan memberikan sebuah pengalaman liburan yang sangat berkesan.

  • Suasana Tenang

Tenangnya suasana dan rapinya ombak laut yang jelas berwarna biru akan sangat memukau sobat sekalian, tak ketinggalan kelembutan pasirnya yang berwarna putih memberikan efek relaksasi untuk tubuh kita.

  • Cocok Untuk Berenang

Jika Anda seorang yang suka tantangan tentu akan mencoba aktivitas satu ini. Anda bisa berenang di pantai yang dangkal dan merasakan segarnya birunya air laut yang ada di tepi Gili Kedis.

Dengan rentetan panorama alam yang begitu indah dan mempesona jiwa, pengalaman liburan di Nusa Tenggara Barat tentu akan semakin menyenangkan dan tidak sia-sia.

Lanjut:  Honeymoon Romantis Bersama Pasangan Ke Lombok, Simak 15 Referensi Paket Murah Berikut Ini!

Banyak sekali momen dan pemandangan yang bisa diabadikan dalam bentuk gambar ataupun foto.

Fasilitas Yang Ada
❤️

Foto By @roxsenna

Sekalipun merupakan pulau yang sepi dan tenang, bukan berarti Gili Kedis tidak menyediakan fasilitas bagi para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut meliputi:

  1. Tiket masuk sebesar Rp5.000 per Orang. Namun, harga ini merupakan tarif yang sangat murah bila dibandingkan dengan pesona alam yang akan diberikan.
  2. Bagi yang suka ayunan, di Geli Kedis terdapat empat buah ayunan untuk ukuran orang dewasa. Tempat ini biasa dipakai buat bersantai atau berfoto-foto
  3. Kabar baik untuk kita semua. Ada Warkop alias Warung Kopi yang menjual kopi, makanan ringan, dan jajanan. Jangan khawatir dengan harga.
  4. Bagi yang ingin mandi setelah berenang di air laut, jangan khawatir, karena telah tersedia kamar mandi dengan air tawar.
  5. Ada beberapa berugak atau rumah pendopo, salah satunya digunakan untuk tempat sholat bagi kaum muslim.
  6. Bagi yang ingin bersantai ria dan menikmati hamparan keindahan pulau dan surga kecil ini, juga sudah disediakan beberapa tempat duduk.

Sekalipun merupakan pulau kecil, tidak perlu khawatir ketika mencari penginapan atau accommodation ketika berlibur. Banyak hotel yang disediakan di kawasan Gili. Namun, memang harus melakukan penyeberangan ke Gili yang lain.

Hal ini juga tidak termasuk kegiatan yang memboroskan biaya berlibur, karena proses penyeberangan pun tergolong singkat dengan harga yang terjangkau.

Dibandingkan dengan pengalaman berlibur dan wisata bahari yang dapat dinikmati, tentu harga ini belum seberapa.

Hotel atau resorts bisa dicari dengan menggunakan berbagai macam aplikasi dan situs travel, seperti agoda.com, traveloka, hotels, ataupun dengan mencari lokasi hotel terdekat dengan menggunakan fasilitas Google Maps.

Akhir kata, selamat menikmati liburan di Gili Kedis!

error: Content is protected !!