Jalan Pahlawan Semarang, Tempat Nongkrong Paling Asyik di Malam Hari

Malam Hari, foto by instagram.com/lek_luq

Lokasi: Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon:

Urat Nadi Utama
❤️

Kota Semarang memiliki kuliner khas dan bangunan-bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota karena masih terjaga dan gagah berdiri hingga saat ini.

Ada banyak tempat-tempat eksotis penuh dengan sejarah yang mudah ditemui dikota yang terkenal dengan Wingko Babat nya. Namun kali ini ada sebuah jalan yang sangat terkenal di kota Semarang bernama Jalan Pahlawan.

Jalan Pahlawan merupakan urat nadi kota Semarang. Terletak dipusat kota dan berdekatan dengan pusat pemerintahan kota Semarang juga.

Car Free Day, gambar by instagram.com/nanda_iwanp

Berikut ini apa saja yang ada di Jalan pahlawan semarang, info hotel, peta, sejarah, kecamatan jalan ini, bagaimana suasana malam hari, suasana jl. pahlawan tempo dulu, foto, hingga gedung-gedung yang berada dijalan ini termasuk gedung bank mandiri.

Tempat Berkumpul❤️

Banyak sekali ditemukan komunitas-komunitas yang sedang berkumpul di jalan ini seperti komunitas drag bike, ada juga balap liar, balapan resmi, serta denah dan info kebakaran kantor yang pernah terjadi di tugu hingga kecelakaan.

Adapula gambar gedung rimba graha yang berada sekitar kawasan jalan pemuda, tak ketinggalan pula kuliner khas kawasan ini. Ada kantor kelurahan, pos, sewa kost yang dekat letak lokasi jalan pemuda. Ada berbagai pilihan penginapan murah sampai mahal yang bisa Anda pilih.

Selain itu terdapat informasi nama, kode, rute race, gedung tamara, telkom, grapari telkomsel. Ayo para warga kota bandung, surabaya, kep. seribu, bsd, dan bogor wisata ke Semarang.

Lalu Lintas, Foto: tribunnews.com

Kota Semarang juga tak kalah dengan revolusi pondok bambu samarinda, mojokerto, madiun, medan, termausuk yang kerja di pekanbaru, jakarta timur, atau trip ke malang, pontianak, magelang, rempoa, banjarmasin.

Hingga nama-nama kabupaten lainnya seperti tulungagung, serpong, tangerang, gresik, probolinggo, purwokerto, pasuruan, tabanan, desa ampang, bekasi, ciputat dan citeureup.

Ada Apa Saja
❤️

Didekat Jalan Pahlawan terdapat gedung-gedung pencakar langit yang sebagiannya merupakan gedung pusat pemerintahan. Di Gedung Berlian ada Kantor Gubernur yang letaknya juga berada di jalan ini.

Selain itu ada kantor Polda Jateng terletak di sudut Jl. Pahlawan dengan menghadap ke Taman Makam Pahlawan. Dikawasan tersebut juga ada Gedung Rimba Graha yang merupakan kantor besar Dinas Kehutanan Provinsi Jateng.

Ada pula Gedung Dekranasda yang sekarang berfungsi sebagai tempat untuk memajang kreasi-kreasi unggulan dari berbagai daerah di Jawa Tengah serta Gedung Telkom yang merupakan pusat informasi telekomunikasi seluruh Provinsi Jawa Tengah.

Lanjut:  10 Rekomendasi Toko Buah Segar di Semarang Daerah Banyumanik Ngaliyan Tembalang

Jalan Pahlawan merupakan sekian dari Jalan protokol yang ada di Semarang. Jalan pahlawan juga termasuk yang terbesar karena aktivitas dijalan ini sangat tinggi.

Tidak hanya sebagai pusat pemerintahan, namun sebagai pusat kegiatan perbankan, bisnis dan banyak lainnya. Jika dilihat sekilas tidak ada yang istimewa dari jalan ini.

Ini hanyalah jalan biasa layaknya jalan-jalan pada umumnya. Namun, saat kegiatan diluar jam kerja kawasan ini berubah menjadi tempat nongkrong terpopuler dan terfavorit.

Bundaran Tugu Tunas, Foto: twitter.com

Jl. Pahlawan Kota Semarang memiliki trotoar yang rapi dan luas. Lebar jalan disini juga tidak seperti jalan-jalan pada umumnya. Ukuran lebar jalan ini termasuk yang diatas rata-rata.

Akses ke jalan ini sangat strategis sehingga mudah dijangkau dari arah manapun. Itulah sebabnya jalan Pahlawan Semarang menjadi tempat terfavorit warga Semarang untuk berkumpul dengan teman, rekan atau keluarga.

Saat pagi hingga menjelang sore, aktivitas disini biasa saja layaknya aktivitas dijalan-jalan protokol perkotaan. Tapi ketika sudah masuk waktu sore hari akan banyak sekali berbagai aktivitas warga Semarang ditempat ini terutama saat akhir pekan.

Ada anak-anak atau muda mudi yang bermain skate boarding, sepeda, dan banyak lainnya. Jika sudah masuk jum’at malam aktivitas semakin padat dan pengunjung yang datang pun semakin banyak.

Ada juga berbagai komunitas-komunitas wilayah Semarang dan sekitarnya yang turut memadati jalan ini. Biasanya komunitas-komunitas ini saling bertukar ide atau sekedar temu kangen sampai membuat atraksi ciri khas mereka masing-masing.

Komunitas-komunitas tersebut diantaranya komunitas pet lover, bike, hingga Komunitas mobil dan MoGe.

White Car Community, photo by instagram.com/whitecarcommunitysemarang

Jika Anda sedang beruntung, sering juga ada komunitas-komunitas unik seperti breakdance dan capoeira. Adapula pelukis-pelukis sketsa wajah yang menawarkan jasa melukis wajah pengunjung.

Selain itu banyak yang menawarkan jasa persewaan sepeda hias, becak hias, sepatu roda dan lain-lain. Ada pula berbagai penjual makanan dan minuman yang dengan mudah dapat Anda temukan. Semuanya tumpah ruah dijalan ini bahkan hingga berdesak-desakan.

Setelah meriahnya suasana malam hari akhir pekan disini, pada minggu paginya akan ada kegiatan car free day. Ada berbagai macam aktivitas menyehatkan saat minggu pagi di sepanjang Jalan Pahlawan seperti senam atau lari bersama.

Banyak sekali warga yang bersepeda, jogging atau jalan-jalan santai sembari mencari sarapan pagi. Semuanya ada di Jalan Pahlawan ini, paket komplit pokoknya!

Keindahan Saat Malam Hari, Foto: tribunnews.com

Saat bulan puasa, jalan ini menjadi tempat ngabuburit terfavorit masyarakat Kota Semarang juga. Setiap menjelang waktu berbuka puasa, kawasan ini ramai diserbu warga. Selain tempatnya yang luas, terang dan banyak sekali penjaja jajanan khas bulan ramadhan juga.

Lanjut:  Daftar Harga Kamar dan Review PO Hotel Semarang, Tinggal Turun Saja Jika Mau Ke Paragon City Mall

Pemerintah Kota Semarang mulai merapikan Jl. Pahlawan sejak awal tahun 2011. Trotoar yang ada disini sengaja dibangun kembali dan dibuat lebih lapang dan luas hampir 500 meteran.

Disamping membenahi tata jalan, lampu-lampunya juga diganti lebih cantik, penanaman tanaman-tanaman disepanjang trotoar serta di sediakannya tempat sampah yang cukup memadai sehingga melatih warga agar terus menjaga kebersihan dimanapun berada.

Siapa saja yang melintasi jalan ini sebelum tahun 2011 akan merasa pangling dengan sebelumnya karena terjadi banyak sekali perubahan dan pembangunan disana-sini.

Setelah waktu sholat ashar selama bulan puasa, para warga kota Semarang berduyun-duyun mendatangi kawasan Jl. Pahlawan. Dikarenakan terdapat banyak sekali pedagang musiman menjajakan beragam olahan makanan dan minuman untuk berbuka terutama takjil.

Wisata Malam, Foto: hipwee.com

Yang unik disini adalah sebagian besar penjual makanan merupakan anak-anak muda yang berprofesi sebagai mahasiswa bahkan pelajar sekolah.

Anak-anak muda Semarang sangat kreatif mengambil peluang bisnis jualan takjil yang keuntungannya dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi mereka.

Jadi, mereka dapat menghasilkan tambahan uang jajan sendiri sehingga tidak hanya mengandalkan dari orangtua. Selain itu, uang hasil keuntungan jualan takjil dapat untuk membeli baju atau berlibur saat lebaran nanti.

Air Mancur, Foto: youtube.com

Untuk para pengendara mobil atau motor yang melintas tidak perlu repot-repot memarkirkan kendaraan dan berjalan menghampiri penjual. Penjual disini akan dengan gesit membawa dan menawarkan dagangannya menghampiri Anda.

Menu-menu wajib khas bulan Ramadhan adalah kolak pisang, gorengan, aneka es dan banyak lagi lainnya. Anda akan dapat dengan mudah menjumpai banyaknya pedagang yang menjajakan makanan dan minuman tersebut.

Tidak hanya pedagang kuliner musiman, aktivitas yang biasa ditemui selain dibulan ramadhan juga masih ada. Masih banyak warga yang jogging, bersepeda, berkumpulnya para anak-anak komunitas seperti komunitas sepeda onthel, pecinta otomotif, sampai yang sering terlihat adalah komunitas pet lovers.

Fantastic Night, Foto: semarangkota.com

Jika Anda memungkinkan datang ke kota Semarang, mampirlah kesini baik waktu ramadhan atau tidak saat sore hari hingga malam tempat ini selalu ramai dan menyenangkan.

Sejarah Singkat❤️

Berdasarkan sejarah, Jalan Pahlawan Semarang dahulunya adalah penghubung kawasan Simpanglima atau dahulu bernama kawasan baru bawah dan kawasan perbukitan Candi (Siranda) yang berada di atasnya.

Kemudian, jalan ini pada waktu itu dinamai Oei Tiong Ham Weg. Dikawasan ini juga dahulu pernah menjadi tuan rumah pameran berskala internasional pada tahun 1914 bernama Event Koloniale Tentoonstelling.

Lanjut:  10 Penginapan Murah di Sekitar Umbul Sidomukti Bandungan Harga Sewa Mulai Rp.55.000

Ini merupakan expo internasional pertama dan sampai sekarang belum pernah terjadi event serupa di tanah air.

Semenjak saat itu event tersebut dapat membuka area simpanglima menjadi tempat expo atau pameran oleh Oei Tiong Ham Weg. Nama Oei Tiong Ham Weg berubah menjadi Jalan Pahlawan pada tahun antara 1950 -1960.

Beraneka Macam Kuliner, gambar by instagram.com/khafidyahya

Hotel Terdekat❤️

Mencari hotel terdekat dikawasan ini mudah sekali. Dari yang murah hingga harga lumayan tinggi pun tersedia. Karena Jl. Pahlawan berada di jantung kota Semarang pilihan hotel banyak sekali.

Anda dapat mencari informasi melalui situs online dan membookingnya langsung. Terkadang banyak promo yang ditawarkan aplikasi penyedia booking hotel online ini.

photo by instagram.com/semarangpemkot

Namun, Anda juga dapat datang langsung dan memesan kamar secara offline atau lewat website hotel juga bisa. Hal ini menghindari ketersediaan kamar yang ada. Hotel-hotel yang terdekat dengan kawasan Jalan Pemuda Semarang, antara lain:

  • Hotel Ibrahim Syariah berada di Sriwijaya No. 11A (82) sekitar 392 Meter dari Jalan Pahlawan
  • Favehotel Diponegoro berlokasi di Jl. Diponegoro No. 22 (Siranda) sekitar 571 Meter dari Jalan Pahlawan
  • Pandanaran Hotel terletak di Pandanaran No 58 sekitar 787 Meter dari Jalan Pahlawan
  • Hom Hotel Semarang berada di Pandanaran 119 sekitar 826 Meter dari Jalan Pahlawan
  • Santika Premiere Semarang terletak di Pandanaran No. 116-120 sekitar 861 Meter dari Jalan Pahlawan
  • Horison Semarang berlokasi di K.H Ahmad Dahlan No. 2, Simpang Lima sekitar 905 Meter dari Jalan Pahlawan
  • Hotel Ciputra Semarang berada di Jalan Simpang Lima sekitar 983 Meter dari Jalan Pahlawan
  • Airy Simpang Lima Ahmad Dahlan 6B Semarang berada di K.H Ahmad Dahlan 6B sekitar 1.06 Kilometer dari Jalan Pahlawan
  • Ibis Semarang Simpang Lima terletak di Gajah Mada No 72 sekitar 1.12 Kilometer dari Jalan Pahlawan
  • Omah Pelem Syariah berada di Jl Genuk Perbalan X No 3 RT 004 / RW 005 sekitar 16 Kilometer dari Jalan Pahlawan
  • Hotel Neo Candi Semarang berlokasi di Jalan Parman No. 56 sekitar 1.20 Kilometer dari Jalan Pahlawan
  • Hotel Candiview berada di Jalan Rinjani No. 12 sekitar 29 Kilometer dari Jalan Pahlawan
  • Airy Gajahmungkur Candi Baru 12 Semarang berada di Jalan Rinjani No. 12 sekitar 29 Kilometer dari Jalan Pahlawan
  • Hotel Elizabeth berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 1 sekitar 39 Kilometer dari Jalan Pahlawan
  • Airy Gajahmungkur Sultan Agung 1 Semarang berada di Jalan Sultan Agung No. 1, Gajahmungkur sekitar 40 Kilometer dari Jalan Pahlawan
error: Content is protected !!