10 Rekomendasi Makanan Khas Daerah Kupang Yang Super Enak dan Wajib Banget Buat Dicicipi

Kupang adalah ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain terkenal akan keindahan alamnya, kota ini juga ternyata memiliki banyak sekali makanan khas bercitarasa unik dengan ciri khas tersendiri.

Mulai dari makanan ringan berbahan dasar jagung hingga kuliner tradisional berkomposisi utama daging semua ada di daerah yang dijuluki dengan kota karang tersebut.

Nah, bila Sahabat JejakPiknik kebetulan ingin berwisata kuliner ke NTT tapi bingung untuk mencoba makanan apa? Tenang saja, di sini kami akan mengulas 10 daftar menu kuliner khas Kupang yang enak dan wajib harus dicoba.

1. Jagung Titi❤️

Foto By tajukflores.com

Makanan khas kabupaten Kupang pertama yang wajib untuk dicoba adalah jagung titi, salah satu jenis cemilan berbahan dasar jagung dan bertekstur sangat renyah.

Sekilas, makanan ringan ini bentuknya mirip dengan cornflakes. Hanya saja, Jagung titi ini digoreng tanpa minyak kemudian ditumbuk hingga pipih.

Selain kerap dijadikan hidangan untuk tamu, cemilan tersebut juga sangat cocok buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh menemani santai bersama keluarga di rumah.

Untuk mendapatkannya sangat mudah, hampir semua toko oleh-oleh di Kupang menjualnya dan harganya pun hanya berkisar Rp.10.000-Rp.50.000/bungkus, tergantung ukuran.

2. Ubi Nuabose❤️

Foto By daunlontar.blogspot.com

Bagi orang Kupang, ubi nuabose adalah salah satu bahan makanan yang kerap dijadikan sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat.

Bahan penganan ini berbeda dari ubi pada umumnya, dimana teksturnya lebih lembut,  manis, tidak berserat dan juga begitu harum jika dimasak.

Biasanya, ubi ini dimakan bersama dengan ikan asin dan sambal goreng serta dilengkapi minuman hangat. Rasanya yang nikmat pasti akan membuat Sahabat JejakPiknik ketagihan.

Untuk berburu ubi ini, Sahabat JejakPiknik silahkan datang ke desa Ndetundora atau Randotonda. Soal harga biasanya hanya dibanderol sekitar 20-25 ribu per ikatnya dengan berat kurang lebih 7kg.

Lanjut:  10 Daftar Pilihan Pantai di Daerah Kupang Ini Sangat Cantik dan Wajib Untuk Kalian Kunjungi

3. Jagung Bose❤️

Foto By grid.id

Nama makanan khas Kupang selanjutnya adalah Jagung bose, salah satu masakan tradisional yang sering dijadikan sebagai kuliner pengganti nasi.

Kuliner tersebut terbuat dari jagung putih yang dilunakkan lalu dicampur dengan kacang merah dan santan sehingga tak heran rasanya pun begitu gurih.

Jagung bose sendiri biasa dinikmati bersama dengan aneka lauk lainnya seperti tuna goreng, sambal lu’at ataupun tunas paria.

Bila ingin menikmatinya, satu tempat paling pas dituju adalah rumah makan Green Garden House  di Jln.Amabi-Tofa, Kupang. Warung tersebut buka mulai pukul 08.00-21.00 WITA. Satu porsi jagung bose disini dipatok sekitar Rp.15.000-Rp.20.000 saja.

4. Kolo❤️

Foto By tokopedia.com

Selanjutnya ada Kolo, makanan satu ini terbuat dari olahan beras yang dimasak bersama bumbu lalu dimasukkan ke dalam bambu dan kemudian ditaruh berdiri dibara api untuk dibakar.

Kuliner yang juga kerap disebut nasi bambu bakar ini biasanya disajikan untuk acara makan bersama saat adat Penti sebagai syukuran menyambut musim panen.

Dan kuliner ini biasanya dinikmati bersama aneka macam lauk lainnya mulai dari daging ayam atau babi. Pengangan tersebut juga mirip dengan lontong kupang yang terkenal di daerah Jawa seperti Surabaya, Sidoarjo maupun Pasuruan.

Namun sayangnya, makanan tradisional ini sangat langka dan untuk menemukannya bisa dikatakan cukup sulit. Jika ingin mencicipinya, Sahabat JejakPiknik sabar ya sampai musim panen padi tiba.

5. Se’i❤️

Foto By youtube.com

Nah, kuliner khas Kupang berikutnya ini menurut resepnya bahannya terbuat dari daging tipis yang diiris memanjang dan dimasak dengan cara diasap. Kuliner tersebut termasuk salah satu penganan paling populer lho disana.

Daging yang digunakan bisa sapi, babi ataupun ikan laut segar. Kuliner tersebut rasanya sangat nikmat dan begitu menggugah selera.

Lanjut:  10 Oleh Oleh Khas Kupang Yang Paling Populer dan Banyak Diburu Wisatawan

Kuliner tersebut juga sangat mudah ditemukan di Kupang dan salah satu tempat paling terkenal akan menu ini adalah Bambu Kuning Resto di Jln.Perintis Kemerdekaan I, Oebufu, Oebobo.

Warung ini buka mulai pukul 08.00-17.00 WITA dan satu porsi sei disini biasanya dipatok sekitar Rp.15.000/porsinya.

6. Jawada❤️

Foto By kompasiana.com

Selain jagung titi, kota Kupang juga masih memiliki cemilan khas enak lainnya yaitu Jawada. Kudapan ini bentuknya unik seperti rambut dan biasanya disajikan pada upacara adat.

Disamping bentuknya yang unik, Jawada juga memiliki aroma serta rasa khas, perpaduan dari tepung dan gula merah, santan juga air nira. Cemilan ini dimasak dengan cara digoreng sampai renyah.

Kue jawada sendiri banyak dijual di toko oleh-oleh di sekitar Kupang  dan soal harganya pun masih sangat bersahabat.

7. Kena Kita❤️

Foto By tokopedia.com

Nah, satu lagi nih kuliner tradisional Khas Kupang yang kerap dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, namanya yaitu kena kita.

Kena kita adalah sejenis kuliner berwujud bubur yang terbuat dari olahan ubi serta kacang tanah dan hidangan ini seringkali disajikan bersama taburan kelapa parut juga cabai rawit.

Teksturnya yang lembut dan memiliki rasa gurih serta pedas membuat banyak orang ketagihan ingin mencicipinya lagi.

Sebagai makanan pengganti nasi, kuliner ini biasanya disajikan sebagai menu sehari-hari di rumah warga Kupang. Jadi untuk menikmatinya bukanlah hal sulit tentunya.

8. Muku Loto❤️

Foto By travelingyuk.com

Kuliner Kupang selanjutnya adalah Muku Loto, salah satu jenis makanan berbahan dasar pisang yang dihancurkan dan kemudian dimasak dengan daging babi, sapi ataupun kerbau.

Muku Loto sendiri biasanya disajikan sebagai sayur bagi masyarakat Kupang. Kuliner tersebut hanya ada di saat upacara adat saja dan itu juga terdapat di desa Nagekeo.

Lanjut:  Potret Pemandangan Kota Kupang Nusa Tenggara Timur Saat Siang dan Malam Hari Yang Eksotis

9. Jagung Catemak❤️

Foto By syahidhas.com

Dan makanan khas Kupang berikutnya adalah jagung catemak. kuliner tradisional yang dikategorikan sebagai hidangan penutup ini sekilas mirip dengan kolak hanya saja rasanya sedikit asin.

Selain jagung, kuliner ini juga dilengkapi bahan tambahan lainnya seperti labu lilin, kacang hijau, sayur-sayuran, garam serta bumbu penyedap khusus.

Untuk menikmatinya, warung Anugerah di tepi persawahan Oesao adalah tempatnya. Selain enak, harga jagung catemaknya juga sangat terjangkau.

10. Rumpu Rampe❤️

Foto By m.jitunews.com

Makanan terakhir khas Kupang yang paling wajib dicicip adalah rumpu rampe, sejenis tumisan daun dan bunga pepaya. Masakan ini biasanya disajikan di rumah-rumah sebagai hidangan pendamping.

Dan satu tempat menjual rumpu rampe paling terkenal adalah warung makan Anugerah di Oesao, Kupang Timur. Berbicara soal harga, tak perlu khawatir masih sangat terjangkau.

error: Content is protected !!