10 Rekomendasi Pilihan Pantai Terdekat Dari Kota Batu Jawa Timur Ini Tak Kalah Cantik Dengan Bali

Berbicara mengenai pantai di Indonesia, Batu Malang mungkin bukan kota yang pertama akan kita pikirkan. Karena pada umumnya, masyarakat Jawa Timur hanya berkunjung ke Jatim Park atau ke Pasar Apung dan Museum Angkut.

Padahal sebenarnya, di sekitar Batu Malang juga ada banyak pantai lho dan sederetan bahari-bahari tersebut dikenal masih sangat asri karena tergolong sepi pengunjung.

Namun walaupun sepi, sejumlah bahari terdekat ke Kota Batu tersebut nyatanya tak hanya indah tapi juga menawarkan keunikan dan aktivitas seru.

Nah, apa saja sih sebenarnya nama pantai cantik di terdekat ke Batu Malang tersebut? Langsung aja yuk kita simak daftar lengkap terbaru berikut ini.

1. Sipelot❤️

foto by instagram.com/rinie_noe

Alamat: Ds.Pujiharho, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

Objek wisata bahari terbaik pertama yang bagus untuk dikunjungi dan letaknya masih dekat ke Batu adalah pantai Sipelot di daerah Pujiharto, kecamatan Tirtoyudo.

Meski belum terlalu dikenal wisatawan, bahari sepanjang 2km ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir, mushola, toilet hingga warung makan.

Namun sayang, di kawasan ini Sahabat JejakPiknik tak dapat berenang dengan bebas karena ombak disini cukup besar. Tapi sebagai gantinya pengunjung masih bisa melakukan sederet aktvitas seru.

2. Licin❤️

foto by instagram.com/mazda_bae

Alamat: Area Sawah, Lebakharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis
No.Telp: 0813 3318 3380

Bagi masyarakat Batu Malang yang rindu melihat panorama pantai unik, coba datang ke bahari di Lebakharjo bernama Licin tersebut.

Konon katanya, penamaan bahari ini tidak lepas dari banyaknya vegetasi lumut yang membuat kondisi di sekitar kawasan tersebut terasa licin.

Lanjut:  15 Referensi Villa di Batu Yang Bisa Jadi Pilihan Saat Liburan Akhir Pekan Harganya Mulai Rp.99.000

Berbeda dengan bahari pada umumnya layaknya dihampari pasir putih, objek wisata terindah ini justru berpasir hitam akibat muntahan lahar Gunung Semeru.

3. Banyu Anjlok❤️

foto by instagram.com/restu_zz

Alamat: Ds.Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-Malam hari
HTM: Rp.10.000

Sesuai namanya, di tempat wisata bernama Banyu Anjlok ini Sahabat JejakPiknik akan disuguhi tak hanya keindahan alam bahari saja namun juga cantiknya air terjun yang langsung mengalir ke pantai.

Airnya yang sangat jernih dan udaranya cenderung begitu sejuk seakan menggoda wisatawan untuk segera terjun basah-basahan.

Bagi Sahabat JejakPiknik yang hobi mancing, spot Banyu Anjlok yang ada di desa Purwodadi dekat Sipelot beach tersebut adalah destinasi paling tepat buat dikunjungi ya.

4. Batu Bengkung❤️

foto by instagram.com/ayodolan

Alamat: Jalur Lintas Selatan, Gedangan, Gajahrejo, Malang, East Java
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000
No.Telp: 0813 3318 3380

Termasuk sebagai gugusan pesisir pantai selatan, bahari Batu Bangkung di daerah Gajahrejo ini memiliki ombak cukup besar jadi sangat wajar jika wisatawan tidak diperbolehkan berenang disini.

Tapi tak perlu kecewa, sebagai gantinya pengunjung dapat berenang bebas di kolam air yang terdapat tidak jauh dari pantai tersebut tanpa takut terkena ombak.

Area kolam pantai Batu Benkung atau Bengkok ini sendiri terbentuk berkat pecahan dari bebatuan karang yang dihantam oleh ombak besar dari laut.

Sisi menarik lainnya yang bisa kita dapatkan dari tempat ini adalah panorama eksotisnya dan juga keindahan view sunset terlihat sangat sempurna.

Dan terkadang pantai bernama Batu Bengkung tersebut namanya juga diplesetkan menjadi Bekung ataupun Lengkung.

5. Watu Leter❤️

foto by instagram.com/okky_cintya

Alamat: Dsn.Rowotrate, Kel.Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.10.000
No.Telp: 0813 3318 3380

Lanjut:  Jatim Park 1 Batu Punya 53 Wahana Menarik

Dengan kondisi ombak yang tenang serta pasir putih lembut dan dihiasi bebatuan karang di sekitar pesisirnya, membuat suasana alam di bahari tersebut terasa amat asri.

Selain untuk menikmati panorama baharinya yang mempesona, di Watu Leter atau Ceper tersebut Sahabat JejakPiknik juga bisa melihat pelestarian penyu abu-abu.

Penasaran? Nah, sahabat JejakPiknik langsung aja ya datang ke dusun Rowotrate Kelurahan Sitiarjo, di Sumbermanjing Wetan, Malang.

6. Watu Lepek❤️

gambar by instagram.com/aguung8

Alamat: Area hutan, Gajahrejo, Kec.Gedangan, Malang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Memiliki panorama senada dengan pantai Batu Malang di Bangkalan Madura, objek Watu Lepek ini siap memanjakan para pengunjung yang datang bertandang ke kawasannya.

Karena belum terlalu dikenal publik, Watu Lepek ini menyajikan keindahan yang masih sangat asri, sepi, bersih dan bisa dibilang perawan saking jarangnya tersentuh oleh jamahan tangan manusia.

Memancing, bermain air, fotografi, camping, trekking area ataupun duduk santai diatas batu karang adalah sederetan kegiatan seru yang bisa kita lakukan di sekitar kawasan Watu Lepek tersebut.

7. 3 Warna❤️

foto by malangtimes.com

Alamat: Area Kebun/Sawah, Jln. Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kota Malang
Map: Klik Disini
Jam Buka: Jumat-Rabu(07.00-18.00), Kamis(tutup)
HTM: Rp.6.000
No.Telp: 0812 3333 9889

Mendengar namanya, mungkin Sahabat JejakPiknik langsung penasaran apakah benar pantai satu ini warnanya memang benar ada 3?

Berada di wilayah konservasi dan dekat dengan Telaga Warna, memang benar kalau objek tersebut memiliki air laut yang berwarna-warni. Hal itulah alasan mengapa bahari ini dinamakan demikian.

Uniknya, sebelum masuk ke dalam area pengunjung akan disambut oleh petugas penjaga pantai kemudian barang bawaan akan diperiksa. Dan bila ingin keluar, hal sama juga diberlakukan untuk menjaga keamanan.

Lanjut:  7 Informasi Penting Mengenai Alun-Alun Kota Batu yang Tidak Boleh Ketinggalan

8. Watu Pecah❤️

foto by ihategreenjello.com

Alamat: Area Sawah, Tambakrejo, Kec.Sumbermanjing, Malang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.6.000

Objek wisata Watu Pecak terdekat ke bahari Sendang Biru ini kerap juga disebut dengan pantai Batu Belah. Letaknya masih cukup tersembunyi dan memiliki akses lumayan sulit dilewati.

Dan oleh karena sulitnya akses menuju lokasi ini alhasil suasana di sekitar kawasan Watu Pecah ini pun sangat alami serta terjaga kelestariannya.

9. Bajulmati❤️

foto by pantainesia.com

Alamat: Ds.Bajulmati, Kel.Gajahrejo, Gedangan, Malang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 05.00-Malam hari
HTM: Rp.10.000
No.Telp: 0813 3318 3380

Penamaan bahari ini sendiri berasal dari sebuah kisah menarik dimana pada tahun 1890 silam, warga setempat menemukan seekor buaya mati disekitar pesisir. Dan dalam bahasa Jawa, buaya disebut Bajul, maka sebab itu muncullah nama pantai Bajulmati.

Selain panorama cantik baharinya, di kawasan ini kita juga dapat menemukan gua serta fenomena alam yang sangat menarik untuk di telusuri.

10. Goa Cina❤️

foto by ngalam.co

Alamat: Dsn.Tumpakawu, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Rp.5.000

Selang 10 menit dari Banjulmati, kita bisa berpelisir ke bahari di sebelahnya yakni pantai Goa Cina. Salah satu spot populer dihiasi dengan tiga pulau karang yang terdapat di sekitar pesisirnya sehingga membuatnya semakin tampak menarik.

error: Content is protected !!