Pantai Pathok Gebang Sang Pemecah Ombak

Lokasi: Jengglungharjo, Tanggunggunung, Area Pegunungan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia, 66283
Map: KlikDisini
HTM: Rp 5.000,-/orang
Buka-Tutup:Setiap hari, 24 jam
Telepon:

foto by instagram.com/jelajahtulungagung/

Jika anda salah satu orang yang menyukai petualangan, dan suka akan hal-hal yang menguji adrenalin, anda harus mencoba untuk datang ke Pantai Pathok Gebang atau bisa juga disebut Patuk Gebang di Tulungagung. Letak Pantai Pathok Gebang, bersebelahan dengan Pantai Sanggar.

Lebih tepatnya di sebelah barat Pantai Sanggar. Alamat nya di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggungunung, Kabupaten Tulungagung. Jarak dari pusat kota Tulungagung ialah sekitar 25 KM. Tempat ini masih sangat alami, karena jauh dari pemukiman penduduk.

Akses jalan yang kurang memadai juga membuat tempat ini masih sepi pengunjung. Sangat disayangkan memang, karena tempat ini sangatlah indah, dan amat menarik untuk dikunjungi dan dijadikan tempat wisata pilihan di Tulungagung.

foto by instagram.com/tulungagungtourism/

Meskipun sudah pasti memerlukan usaha yang cukup keras untuk sampai di tempat ini. Salah satu hal menarik yang dapat kita jumpai di tempat ini ialah, ketika air laut pasang, kita bisa menyaksikan ombak yang akan menabrak karang dan menjulang tinggi hingga mencapai ketinggian 15-20 meter.

Pemandangan di tempat ini memang sungguh mengagumkan, dengan air lautnya yang berwarna biru, pasir putih yang lembut, serta batu karang di sisi kanan dan kirinya yang kokoh, menjadikan pantai ini memiliki ciri khas tersendiri dari yang lainnya.

foto by instagram.com/kacamata_tulungagung/

Sejarah terbentuknya bukit yang terbelah di Pantai Patuk Gebang ialah karena kerasnya hantaman ombak dari tahun ke tahun sepanjang ratusan tahun yang lalu, sehingga menghasilkan dataran yang luas dan saat ini menjadi spot favorit para pengunjung.

Rute dan Akses Jalan

Lanjut:  8 Alasan Nyata Mengapa Kita Wajib Menghabiskan Waktu di Kenjeran Park

Jika anda memulai perjalanan dari kota Tulungagung, waktu yang dibutuhkan ialah sekitar 1 hingga 1.5 jam perjalanan. Jika anda masih bingung mengenai lokasi tepatnya Pathok Gebang, anda bisa menggunakan peta di google atau google maps.

foto by instagram.com/wildanhkm/

Jangan lupa sebelum memulai perjalanan, cek terlebih dahulu keadaan kendaraan anda. Cek mesinnya, ban kendaraan, dan lainnya. Agar perjalanan anda tetap nyaman dan lancar.

Mari kia memulai perjalanan. Dari kota Tulungagung ambil arah ke selatan, atau ke arah Campurdarat. Setelah anda tiba di Pasar Campurdarat, ada pertigaan, kemudian belok kiri, menuju ke arah Pantai Popoh (sesuai petunjuk).

Setelah anda menjumpai SMA Campurdarat, belok ke kiri, menuju ke Tanggunggunung. Sebelum anda sampai di SMP Tanggunggunung, anda akan menjumpai pertigaan setelah itu belok ke kanan, menuju Desa Jengglungharjo.

foto by instagram.com/illa_aeroubiea/

Jika ada percabangan jalan, ambil jalur sebelah kiri, lanjutkan perjalanan sampai anda tiba di Dusun Ngelo. Setelah sampai di Dusun Ngelo, anda sebaiknya bertanya ke warga sekitar arah ke Pantai Sanggar.

Dari Sanggar anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke arah barat menaiki perbukitan dan masuk ke arah hutan. Anda juga akan melewati jalan setapak, yang susah sekali untuk dilewati dan tidak begitu jelas terlihat, karena banyak tertutup semak-semak belukar, dan ranting-ranting pohon.

Setelah berjalan kaki selama 40 hingga 60 menit, sampailah anda di Pathok Gebang. Untuk menuju Pathok Gebang, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan kendaraan roda dua saja. Hal ini juga dikarenakan akses jalan nya yang sempit.

foto by instagram.com/jelajahtulungagung/

Terutama ketika kita memasuki loket penjualan tiket, jalur jalanan yang tersedia hanya selebar satu meter saja. Jika anda tetap menggunakan kendaraan roda empat, bisa saja tetap melakukan perjalanan, tapi hanya sampai di pangkalan ojek daerah tersebut saja.

Lanjut:  10 Hotel Bagus Dekat Bromo, Start 206 Ribuan

Selanjutnya anda harus meneruskan perjalanan dengan menggunakan jasa ojek tersebut dengan satu kali jalan dikenakan biaya Rp 150.000. Atau jika anda mahir dalam hal tawar menawar silahkan dicoba untuk menawar ongkos perjalanan anda.

foto by instagram.com/wildanhkm/

Jika anda menggunakan jasa tukang ojek, perjalanan anda dari pangkalan ojek hingga tiba di tempat tujuan ialah sekitar 15 sampai 20 menit. Sebaiknya jika memang berniat pergi ke tempat ini, ajak teman, saudara, atau siapa saja asal jangan memaksakan diri untuk pergi seorang diri.

Hal ini dikarenakan rute yang akan dilewati sangat sulit. Belum lagi anda harus mendaki bukit yang cukup terjal selama kurang lebih 1 jam dengan berjalan kaki, serta masih minimnya papan petunjuk arah.

Daya Tarik dan Ciri Khas Pantai Pathok Gebang

foto by instagram.com/tulungagungtourism/

Pantai Pathok Gebang ialah pantai yang masih alami akan keindahan alamnya. Bisa disebut tempat ini adalah salah satu surga tersembunyi yang berada di daerah pesisir Tulungagung. Daya tarik yang ada di tempat ini yaitu adanya gugusan karang yang besar, serta rata.

Sehingga kita dapat berjalan di atas karang tersebut. Tetapi anda tetap harus berhati-hati, karena ketika ombak sedang besar-besarnya, anda bisa saja malah terseret ombak. Namun setelah ombak membentur karang, anda akan mendapati shower alami, karena air yang menjulang tinggi ke atas.

foto by instagram.com/tulungagungtourism/

Banyak para pengunjung yang malah dengan sengaja berdiri di tepian karang tersebut, sambil menunggu terbentuknya shower alami, untuk mengabadikan gambar/foto mereka. Ada juga pengunjung yang takut dengan guyuran alami tersebut.

Dari pihak pengelola memberikan saran kepada mereka, untuk tetap berada di posisi semula, tapi sambil berjongkok, maka air ombak hanya akan melewati bagian atas tubuh anda saja.

Lanjut:  5 Rental Sewa Kamera Gresik, Hanya Mulai 30 Ribuan

Tetapi jika anda takut, dan malah berdiri ataupun berlari, guyuran ombak tersebut justru malah akan mengenai seluruh tubuh anda, atau bahkan terseret ombak.

foto by instagram.com/jokowi_prastyo_k2rl/

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh tempat ini ialah para penduduk nya yang sangat ramah. Terutama kepada para pengunjung ataupun wisatawan yang datang ke sini.

Selain kondisi alamnya yang masih alami, dan asri, Pathok Gebang juga adalah salah satu pantai yang memiliki pasir putih yang bersih, dan lembut tentunya.

Untuk masuk ke lokasi pantai, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda dua (motor), juga dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Fasilitas-fasilitas yang ada di tempat tersebut antara lain toilet umum, mushola, dan juga warung-warung makan.

error: Content is protected !!