10 Rumah Hobbit di Indonesia

Film Hobbit yg merupakan kelanjutan dari film Lord of The Rings memang menyisakan kisah tersendiri. Terutama rumah yang digunakan sebagai lokasi syuting yang terletak di New Zealand.

Rumah milik Bilbo Baggins ini sekarang sudah mendunia dan menjadi tempat wisata bagi para turis dari berbagai belahan dunia.

Rumah Hobbit bahkan sudah tersebar di luar negeri mulai dari Thailand serta Kelandan dengan interior setiap detail dibuat menggunakan wallpaper yang sama persis.

Selain di luar negeri, di Indonesia juga ternyata terdapat objek wisata sejenis seperti di Jakarta, Bekasi, Puncak, Harvest City, Jonggol, Sentul, Taman Buah Mekarsari, Lampung, Bukittinggi, Pancar, hingga Jambi, Medan dan juga Jepara.

Selain itu bisa juga ditemui di Kediri, Mojokerto, Trawas, Majalengka, Metro, Pujon, PIK, Purbalingga, Sumbar, Singaraja hingga Tenggarong dengan aneka bentuk yang unik.

Bahkan salah satu forum yakni Kaskus sudah membahas keunikan dari kawasan wisata unik tersebut.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 10 objek wisata dengan konsep rumah milik Bilbo Baggins yang menawarkan keasyikan tersendiri. Berikut daftar area-areanya!

1. Bandungan❤️

Foto By @3gaaditiya

Lokasi: Bandungan, Semarang, Central Java 50614
Maps: Klik Disini
HTM: Rp.10.000
Buka Tutup: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: 0857-2649-7516

Obyek wisata ini berada di daerah Bandungan dan bukan yang perdana di Indonesia. Letaknya berada di dekat Candi Gedong Songo, tepatnya di sekitar di Ngasem Park.

Para wisatawan bisa menuju ke lokasi ini dengan melalui daerah Ungaran atau Sumowono. Dari sini ambil jalur ke arah pom bensin Bandungan yang terletak di seberang jalan arah Candi Gedong Songo.

Setelah sampai di pom bensin, ambil jalan masuk sekitar 100 meter. Di sebelah kanan ada kincir angin serta area parkir. Di sinilah replika dari tempat Bilbo Baggins berada.

Harga tiket masuknya relatif lebih murah sekitar 10 ribu saja. Disarankan untuk tidak mengunjunginya ketika musim hujan.

Pasalnya akses menuju area ini masih belum diberi aspal, paving serta beton. Jadi akan sangat becek.

Agar tidak tersesat, jangan malu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar. Pasalnya belum ada papan petunjuk menuju kawasan wisata ini.

2. Magelang❤️

Foto By @buddi_tama

Lokasi: Pogalan, Pakis, Magelang, Central Java 56193
Maps: Klik Disini
HTM: Rp.5.000 (Weekdays), Rp.12.000 (Weekend / Hari Libur)
Buka Tutup: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: 0858-6565-7375

Dari Semarang sekarang kita menuju Taman Alam Bukit Grenden Pakis. Lokasinya berada di daerah Pogalan Kabupateng Magelang.

Disini, para pelancong akan dimanjakan dengan keindahan alam yang asri serta Rumah Kurcaci dengan pesona unik dan menarik di dalamnya.

Rumah kurcaci ini menjadi salah satu daya tarik dari Bukit Grenden Pakis. Namun tak hanya itu, di sini juga sudah ada banyak wahana permainan seperti flying fox, tebing batu rembesan dan sejumlah spot selfie dengan pemandangan menarik.

Para wisatawan bisa mengambil foto serta gambar dengan panorama mirip Hutan Pinus Imogiri.

Grended Pakis ini letak lokasinya berada di dataran tinggi. Untuk menuju kesana, parap pelancong bisa mengambil jalur ke arah ketep pass dan ambil jalan ke Salatiga.

Kira-kira 100 meter sebelum memasuki daerah Kragilan ini, Anda sudah bisa melihat papan petunjuk Greden Pakis.

Bagi yang ingin memasuki Grenden Pakis ini harus membayar tiket sebesar 5 ribu per orang di hari biasa sementara saat libur sekitar 12 ribu. Tarif tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Lanjut:  10 Rekomendasi Penginapan Murah di Hongkong Mulai Rp.170.000 Bisa Untuk Keluarga

Di sini para turis bisa bermain aneka macam wahana seperti flying fox hingga permainan lainnya. Menariknya di sekitar objek tersebut juga disediakan area bumi perkemahan jika para pengunjung ingin bermalam.

Bagi yang ingin berlibur ke Grenden Pakis ini disarankan datang pada pagi atau sore hari. Pasalnya di dua waktu ini kabut yang menyelimuti akan memberi suasana lebih eksotis.

Dan jangan lupa untuk memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik sebab ada banyak tikungan dan tanjakan tajam di sini.

3. Karanganyar❤️

Foto By @trisnoarybudi

Lokasi: Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57785
Maps: Klik Disini
HTM: Rp.3.000
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0857-2543-3793

Salah satu replika dari tempat Bilbo Baggins selanjutnya ada di Karanganyar. Spot ini memang tidak kalah menarik dari area lain di Jawa Tengah.

Letaknya di Wahana Rumah Pohon Tugulasi. Disini, para pelancong akan disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan alam hijau yang indah.

Taman liburan ini sangat mirip dengan lokasi wisata di Tawangmangu, Solo dan tidak berbeda jauh dengan rumah Hobbit lainnya seperti Kepuharjo Jogja, Bhumi Merapi di Jakal Kaliurang Pakem, Wonosari hingga Mangunan Gunung Kidul.

Lokasinya sendiri berada di Lembah Semilir, Kemuning, Karangpandan, Ngargoyoso, Karanganyar atau Seribu batu Songgo Langit.

Tepat berada di kaki Gunung Lawu sehingga tidak perlu heran jika udaranya cenderung dingin. Selain itu, lokasinya juga sangat dekat dengan penginapan seperti villa atau hotel.

Untuk memberikan kepuasan kepada pengunjung, disini telah disediakan spot foto untuk berburu gambar yang instagramable.

4. Blitar❤️

Foto By @petitesinta

Lokasi: Wonorejo, Talun, Blitar, East Java 66183
Maps: Klik Disini
HTM: Rp.10.000
Buka Tutup: 08.00 – 18.00 WIB
Telepon: 0853-3902-4700

Blitar juga memiliki salah satu obyek wisata yang unik buat keluarga, namanya yaitu Taman kelinci atau disebut pula dengan Rabbit Park Blitar.

Di area yang sangat populer di kalangan traveller ini para pelancong bisa menemukan konsep baru berupa sisi edukasi.

Dijamin para wisatawan akan merasa betah berlibur ke Taman Kelinci yang memiliki hamparan rumput hijau luas tersebut.

Lalu ada pula area dengan penampilan seperti di penerus film Lord of The Rings. Letak spot tersebut berada di daerah Desa Wonorejo, Talun, Blitar. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan dari pusat kota.

Suasana alam nan asri dan dingin memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Selain itu, para pengunjung bisa berfoto atau bersantai dan piknik bersama keluarga di area padang rumput.

Di sini juga sudah ada Rumah Kelinci lengkap dengan Pohon Cinta. Suasana yang didapatkan di sini tentu saja sangat menarik dan asyik. Jika ingin berfoto bersama para kelinci, harap diperhatikan beberapa peraturan yg berlaku ya!

Untuk fasilitasnya memang belum lengkap karena tempat rekreasi keluarga ini baru dalam tahap pengembangan.

Akan tetapi ada beberapa spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk tiket masuknya sendiri hanya 10 ribu saja per orang. Sedangkan wahana lainnya memiliki harga tiket berbeda.

Bila ingin berkunjung ke sini, bisa mengambil arah dari Wlingi lalu ambil jalur ke arah Barat. Setelah itu ada pertigaan sebelum Polres Blitar kemudian menuju ke Selatan 300 meter dan berbelok ke arah kanan.

Sementara jika berangkat dari arah Blitar, langsung menuju ke daerah Kanigoro ataupun Garum hingga nanti akan tembus ke Polres Blitar. Lalu pilih ke arah Talun.

Lanjut:  7 Daftar Pilihan Tempat Belanja di Negara Thailand Termurah Yang Sering Wisatawan Tuju

5. Lombok❤️

Foto By @watetgilis

Lokasi: Malaka, Pemenang, North Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83352
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: (0361) 768426

Di Lombok juga ada lokasi liburan serupa. Hanya saja dalam bentuk hotel bernama Mentigi Bay Dome Villa.

Hotel ini berada di daerah kawasan Tanjung dan membutuhkan waktu kira2 2 jam saja dari bandara atau sekitar 30 menit dari Senggigi.

Disini, para pengunjung akan ditawarkan pemandangan indah dan menakjubkan dengan suasana laut biru yang bisa dilihat dari perbukitan.

Dari Mentigi Bay Dome Villa, Lombok, wisatawan bisa melihat pemandangan laut serta keindahan ketiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Air yang mempunyai pesona alam eksotis.

Mentigi Bay Dome Villa ini letaknya di atas bukit. Sehingga jalur yang dilalui sangat terjal dan harus melalui jalur tanjakan dengan sudut kemiringan yang dahsyat. Sehingga alat transportasi pun sangat terbatas.

Pesona dari Teluk Nara bahkan menjadi daya tarik tersendiri. Suasana interior di dalamnya terlihat sangat mewah. Dijamin para pengunjung akan semakin senang dan betah berlama-lama di sini.

Di Mentigi ini juga sudah ada kolam renang dengan view langsung menghadap ke laut. Bisa dipastikan para pengunjung akan senang berada di sini. Nyaman dan eksotis, apalagi dengan konsep futuristik nan mewah.

6. Bali❤️

Foto By @lastnameis_loey

Lokasi: Jl. Desa Pedawa, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81161
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0859-5375-2042

Tidak jauh dari Lombok, Bali juga memiliki area rekreasi yang serupa. Letaknya di Desa Pedawa. Disini, para turis bisa mengunjungi rumah mungil bernama Kubu Hobbit Pedawa.

Letaknya berada di daerah perkebunan milik Ketut Sudi Harta dan lokasi ini hadir karena terinspirasi dari cerita kurcaci di Eropa.

Menurut cerita, proses pembangunannya tidak terlalu serius. Awalnya hanya digunakan untuk menutupi tempat penampungan air bersih di perkebunan miliknya.

Akan tetapi lama kelamaan justru mengundang minat para warga sekitar karena memiliki keunikan tersendiri, seperti halnya rumah kurcaci.

Hal ini membuat para wisatawan senang berselfie disini. Sementara bagi orang tua bisa bersantai menemani anaknya berfoto sembari ditemani secangkir kopi hangat.

7. Magetan❤️

Foto By @elvano_andrean

Lokasi: Genilangit, Poncol, Magetan Regency, East Java 63362
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0859-5375-2042

Di Magetan juga ada area liburan serupa. Mirip dengan Desa Shire seperti di film The Hobbit serta The Lord Of The Ring.

Rumah dengan bahan utama kayu ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Para wisatawan tidak perlu lagi untuk menuju ke New Zealand.

Selain di Lembang Bandung yakni di Farmhouse dan Grafika Cikole, di Magetan juga sudah ada salah satu replika rumah milik Bilbo Baggins.

Bagi yang belum mengetahui Magetan, daerah ini letaknya di bawah kaki gunung Lawu dan memiliki keindahan alam luar biasa sehingga cocok dijadikan lokasi liburan.

Kini Magetan sudah disulap menjadi salah satu daerah dengan segudang tempat rekreasi menarik, salah satunya di daerah Poncol, namanya yaitu taman Genilangit.

Selain itu, di Dusun Wonomulyo juga terdapat rumah hobbit yang terbuat dari kayu dengan pemandangan eksotis. Tidak heran jika spot ini menjadi incaran para anak-anak muda.

Lanjut:  10 Daftar Biaya Hidup di Negara India Per Bulan, Apakah Benar Lebih Murah Daripada Indonesia?

Villa Wonomulyo Magetan ini memang sangat marak. Apalagi di Instagram. Sudah banyak para traveler muda yang menginjakkan kaki di sini.

Dusun Wonomulyo ini memang menyajikan keindahan alam menawan terutama di daerah selatan.

Di sini juga sudah dibangun rumah pohon dengan pemandangan pegunungan hijau dan udaranya pun cenderung sejuk.

Bila ingin menuju Dusun Wonomulyo cukup mudah. Meski begitu tetap harus berhati-hati. Pasalnya letaknya berada di lereng gunung dengan ketinggian 1300 mdpl.

Jika ingin menuju ke sini, dari pusat kota Magetan ambil jalur ke arah Parang hingga melewati daerah Ngaglik.

Lalu ambil jalur lurus ke arah Kecamatan Poncol hingga nanti sampai di daerah Desa Langit. Dari sini kemudian lanjut menuju ke arah Dusun Wonomulyo. Jangan ragu untuk bertanya jika bingung arah dan tujuan.

8. Jombang❤️

Foto By @laukhilmfd

Lokasi: Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61476
Maps: Klik Disini
HTM: Rp.5.000
Buka Tutup: 08.00 – 16.30 WIB (Minggu – Kamis), Jumat Libur
Telepon: 0822-5733-5891

Jombang juga mempunyai salah satu replika milik Bilbo Baggins, letakny tepatnya di seberang Villa Rosari Refresh Wonosalam yaitu Ekowisata Banyumili.

Spot tersebut diresmikan pada tanggal 4 November dengan beragama spot foto serta keindahan di sekitarnya. Daerah Ekowisata Banyumili ini menjadi lokasi liburan yang wajib dikunjungi.

Terdapat 2 replika rumah hobbit di sini. Ukurannya sedikit lebih kecil dan pendek sehingga disebut Hobbit Hole dan diperuntukkan untuk anak-anak.

Meski hanya dilengkapi pintu masuk saja namun pemandangan yang ditawarkan memang tidak berbeda jauh.

Banyak pengunjung yang rela antri untuk berfoto di sekitar area tersebut. Taman Banyumili ini memang belum selesai 100 persen. Akan tetapi tidak membuat animo masyarakat berkurang untuk mengunjungi destinasi wisata di kota santri tersebut.

Untuk masuk diwajibkan membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah per orang dimana ditujukan untuk donasi kebersihan serta pembangunan tempat tersebut.

Tarif ini akan dibayar kala memasuki area parkir. Meski masih dalam tahap pengerjaan, namun sudah ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan seperti gazebo, jalan setapak dan hammock.

9. Jakarta❤️

Foto By @siska_gui

Lokasi: Kapuk Muara, Penjaringan, North Jakarta City, Jakarta 14460
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka Tutup: 10.00 – 00.00 WIB
Telepon: (021) 30010552

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwasanya Jakarta juga memiliki salah satu rumah Hobbit. Hanya saja kali ini dalam bentuk café.

Hal ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi liburan di akhir pekan. Anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat rileks atau bersantai sembari menikmati aneka makanan enak.

Café ini memang menyajikan suasana interior vintage dan hampir sama dengan rumah di film Lord of The Rings. Selain nyaman juga sangat instagramable sekali.

Setiap furniture, bahannya terbuat dari kayu. Selain menawarkan suasana menarik, lokasinya punsangat mudah dijangkau.

10. Kuningan❤️

Foto By @felixlesli

Lokasi: Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552
Maps: Klik Disini
HTM: Rp.12.000
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon: 0897-6303-220

Di Kuningan tepatnya di bawah kaki Gunung Ciremai juga terdapat objek wisata berupa Rumah Hobbit.

Dengan membayar tiket masuk sebesar 15 ribu saja, para turis bisa mengabadikan keindahan alam yang eksotis melalui foto.

Selain Rumah Hobbit, disini juga ada aneka fasilitas liburan lain seperti jembatan cinta, menara, serta perahu yang terbuat dari bambu.

error: Content is protected !!