10 Daftar Pilihan Cinderamata Khas Daerah Aceh Yang Memiliki Keunikan Tersendiri dan Wajib Kalian Miliki

Sebagai salah satu kota penganut agama Islam terbesar di Indonesia, Aceh juga merupakan tujuan wisata yang disenangi travelers Nusantara lho.

Sebagai kota yang mempunyai peradaban Islam cukup maju, menjadikan Banda Aceh memiliki pemikat tersendiri untuk dikunjungi. Kota yang dijuluki Serambi Mekkah ini mempunyai banyak sekali keberagaman, termasuk buah tangannya.

Nah, buat kamu yang sedang jalan-jalan di Banda Aceh dan kebingungan mencari oleh-oleh apa, wajib deh simak artikel ini sampai habis. Penasaran ? Berikut rangkumannya !

1. Rencong❤️

foto by busy.org

Oleh-oleh pertama berupa souvenir senjata tradisional, yaitu Rencong Aceh. Senjata tradisional ini memang tidak hanya digunakan sebagai fungsi asalnya, tapi dipakai juga untuk oleh-oleh khas Aceh. Kamu bisa membelinya di beberapa toko sentral oleh-oleh di seluruh Kota Aceh.

2. Tas Bordir❤️

foto by tokopedia.com

Untuk yang satu ini pasti favoritnya para wanita deh. Tas bordir aceh sangat cocok untuk menambah koleksi pribadimu maupun diberikan kepada orang terdekat. Tas bordir Aceh memiliki motif yang sangat etnik, ditambah desainnya amat unik, jadi beda dari lainnya.

3. Lambang Pinto❤️

foto by steemit.com

Jika melihat kepopulerannya, lambang pinto Aceh ngga usah diragukan lagi. Ketenarannya sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Perhiasan tradisional asli Aceh ini memang sangat menarik untuk dibeli. Jadi rugi banget kalo kamu ngga beli oleh-oleh ini, karena motif perhiasannya itu kece banget.

4. Songket❤️

foto by etniknusantara.com

Selanjutnya, ada Songket Aceh. Kerajinan khas Aceh ini saat ini bukan hanya saja diaplikasikan sebagai pakaian saja, tapi menjadi beberapa benda lainnya seeperti hiasan dinding, kupiah, dan meja. Ke Kota Serambi Mekkah belum lengkap rasanya kalau tidak membeli Songket Aceh.

5. Kupiah Meukeutop❤️

foto by kamerabudaya.com

Nah perlu kalian tau juga nih, kalau Aceh mempunyai sebuah Kupiah yang sangat khas sekali, namanya Kupiah Meukeutop. Kupiah tradisional ini memiliki nilai adat dan sejarah yang cukup tinggi, bahkan bisa dilihat dari warnanya. Tertarik untuk membelinya?

Lanjut:  10 Referensi Cinderamata Yang Terkenal Sangat Mewah dan Indah Ini Berada di Negara Dubai

6. Kaos Berslogan❤️

foto by mytrip123.com

Jika setiap pergi liburan ke daerah manapun kamu termasuk gemar membeli kaos khas, maka ke Aceh pun juga jangan sampai engga dong. Karena kaos khas Aceh memiliki slogan-slogan yang sangat unik.

Salah satu produk yang paling terkenal adalah dari Mr. Piyoh, tokonya ada di Peunayong dan Ulee Kareng (Banda Aceh).

7. Ija Kroeng❤️

foto by safariku.com

Jika tadi sudah membeli kupiahnya sekarang tinggal beli temennya nih. Ija Kroeng adalah sebah kain sarung khas aceh yang saat ini banyak dilirik oleh para wisatawan guna dijadikan sebagai oleh-oleh.

Selain sarung, di outlet Ija Kroeng juga memproduksi barang lain seperti syal, goodie bag, dan kaos oblong. Untuk membeli Ija Kroeng ini kamu cukup pergi ke Jl. Residen Danu Broto Nomor 13.

8. Sulam Kasab❤️

foto by acehdesain.wordpress.com

Sulam kasab merupakan salah satu jenis sulaman khas Aceh yang diaplikasikan kedalam berbagai macam perabotan rumah tangga seperti payung, tudung saji, hiasan pintu maupun dinding.

Motif dari sulam kasab ini juga bervariatif, seperti daun,bunga-bungaan, dan burung. Dan proses pembuatannya juga masih tradisional yaitu menggunakan tangan, atau bisa dibilang ini handmade.

9. Boneka Pengantin❤️

foto by craftosouvenir.blogspot.com

Oleh-oleh yang satu ini cocok banget buat kado pernikahan. Boneka Pengantin adalah sebuah kerajinan tangan masyarakat lokal Aceh dengan menggunakan baju pengantin adat Aceh sebagai konsepnya.

Bentuknya sangat lucu karena dibuat menggunakan bahan kain flanel dan untuk harga satu set boneka pengantin ini juga murah, yaitu Cuma 18ribu. Boneka Pengantin ini dijual diseluruh pusat oleh-oleh di Aceh, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

10. Batik❤️

foto by batik-tulis.com

Nah terakhir ada Batik Aceh. Bukan hanya kain songketnya saja yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, tapi Batik Aceh juga patut dipertimbangkan lho. Jika berbicara kualitas, ngga kalah dengan daerah-daerah lain.

Lanjut:  15 Rekomendasi Cinderamata Khas di Negara Jepang Yang Paling Unik, Murah dan Sangat Cantik

Bahkan Batik Aceh Memiliki ciri khas tersendiri, terletak di motifnya. Setiap motif memiliki nilai filosofis dan makna sangat tinggi, sebut saja beberapa motif yang terkenal ada Awan bergerak, Pintu Aceh, Rencong, Pucuk Rebung, dan Bunga Jempa. Motif-motif tersebut sangatlah mempesona.

Itu dia beberapa souvenir khas Aceh yang bisa kamu bawa pulang kerumah untuk diberikan kepada keluarga, kerbat terdekat, ataupun rekan kantor. Atau kamu juga ingin membelinya untuk dijadikan koleksi pribadi juga bisa. Semoga artikel kami ini dapat sedikit membantumu ya !

error: Content is protected !!