Taman Strawberry Kadudampit

Lokasi: Jl. Kadudampit, No. 10, Dsn. Situgunung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat 43153
Map: Klik Disini
HTM: Cuma Bayar Parkir
Buka Tutup: 08.00 – 20.00 WIB
Telepon:
(0266) 6251776

Stroberi merupakan buah cukup populer yang tumbuh dengan baik pada daerah sejuk. Daerah dataran tinggi tentu sangat tepat untuk wilayah tumbuh buah berwarna merah menggoda ini.

Di Indonesia sendiri, daerah-daerah dataran tinggi memang hampir semuanya memiliki kebun stroberi. Tak jarang pula, buah ini menjadi alasan didirikannya objek wisata.

Agrowisata sudah lama menjadi salah pilihan wisata. Kegiatan wisata ini tentu berkaitan dengan tanaman, misalnya saja memetik buah.

Kegiatan petik buah merupakan suatu hal menyenangkan dan asik. Apalagi jika buah yang dipetik memiliki warna menggoda dan diantara wisata petik buah yang cukup populer adalah stroberi.

Cukup banyak wisata petik buah stroberi di Indonesia, seperti di Puncak, Cianjur, Sukabumi Cisaat dan banyak lainnya.

Kali ini akan membahas mengenai salah satunya, yaitu berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di daerah Sukabumi. Nama tempat agrowisata tersebut adalah Taman Strawberry.

Wisata Keluarga❤️

Foto By @_dinaaaanurulh27

Lokasi serta kondisi cuaca dan suhu sejuk menjadikan Taman Strawberry sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Banyak kegiatan dapat dilakukan di tempat agrowisata ini.

Kegiatan utamanya tentu memetik buah stroberi. Namun ada beberapa kegiatan lainnya, seperti memancing, berbincang bersama keluarga sambil bersantai di saung dan makan bersama.

Luas area Taman Strawberry Sukabumi ini adalah 2 hektare. Tentu ini sangat luas dan baru setengah yang dimanfaatkan.

Destinasi wisata Jawa Barat ini terbagi menjadi dua area, yaitu area terbuka dan tertutup atau green house. Area terbuka ada 3 kawasan sedangkan area tertutup ada 2 green house.

Memetik Sepuasnya❤️

Foto By @nin_apr

Warna merah menggoda adalah ciri khas dari buah stroberi. Rasanya manis cenderung asam memberikan sensasi sendiri di lidah.

Stroberi yang tumbuh di Taman Stroberi memiliki bentuk dan warna amat menggoda untuk dipetik. Pengunjung bebas memetik buah tersebut.

Lanjut:  Kalau Kamu Ngaku Sebagai Pecinta Kopi, Wajib Coba 6 Rekomendasi Tempat Ngopi di Sukabumi Ini

Bukan gratis, melainkan harus mengganti uang sebesar Rp. 40.000 per kg buah stroberi yang dipetik. Tentu bisa sepuasnya jika memang membawa uang berlebih.

Namun lebih baik mengambil secukupnya saja, karena buah ini cepat sekali membusuk. Segala sesuatu berlebihan juga tidak baik.

Ada Blackberry
❤️

Foto By @zudy_19

Tidak hanya ada kebun stroberi di Taman Strawberry. Di sini juga ada blackberry farm. Rasa dari buah tersebut tak kalah manis dengan buah stroberi yang ditanam di sini.

Namun untuk harga per kg belum diketahui. Jadi langsung saja mengunjungi Taman Strawberry Sukabumi.

Banyak Makanan❤️

Foto By @yanterusanulu01

Berbicara mengenai makanan. Taman Strawberry Sukabumi menyediakan beragam menu makanan.

Menu ini bervariasi mulai dari tradisional, makanan barat, makanan jepang hingga hidangan penutup. Tentu di menunya pasti terdapat hidangan yang terbuat dari stroberi.

Menu tradisional yang paling digemari di Taman Strawberry Sukabumi adalah nasi liwet. Hidangan tersebut sangat pas ditemani dengan aneka olahan ikan segar, seperti ikan nila, ikan gurame, ikan mas, ikan bawal dan ayam.

Menu Andalan
❤️

Menu nasi liwet ini juga tersedia dalam bentuk paket yan cukup untuk 4 hingga 5 orang. Tentu ini adalah menu yang sangat cocok jika datang bersama keluarga.

Namun pesanan menu andalan dari tempat wisata Jawa Barat ini sangat lama. Menu tersebut membutuhkan waktu 1 hingga 1,5 jam untuk siap dihidangkan. Namun rasanya dapat menggantikan waktu yang lama tersebut.

Aneka Olahan
❤️

Foto By @nanadimyadi

Olahan buah stroberi dan blackberry juga ada. Untuk olahan buah stroberi salah satunya adalah Strawberry Pochette yaitu sebuah pancake yang berisi irisan buah stroberi segar.

Di sekililingan ditaburi dengan buah stroberi segar, gula bubuk dan es krim rasa stroberi. Tak terbayang berapa kata stroberi yang ada dalam makanan olahan berbahan utama buah berwarna merah menggoda itu.

Olahan ikan juga amat beragam. Namun ada menu rekomendasi dari salah seorang yang pernah berkunjung di tempat wisata Sukabumi ini yaitu Nila Rica.

Lanjut:  Daftar Tempat Wisata di Daerah Sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi dan Harga Tiket Masuknya

Makanan ini tentu berbahan dasar ikan nila segar. Olahan makanan dari ikan tersebut memiliki cita rasa yang pedas, sehingga sangat cocok yang menyukai makanan pedas.

Jika ingin mencoba olahan lain maka cobalah jus blackberry. Olahan buah satu ini memiliki tekstur yang kental dan bercita rasa manis khas.

Tidak hanya nikmat sebagai hidangan penutup. Minuman ini juga kaya akan antioksidan dengan manfaat luar biasa baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.

Bersantai di Saung
❤️

Foto By @nanadimyadi

Sudah selesai makan dan memetik buah stroberi, maka kegiatan selanjutnya adalah memancing.

Tidak usah bingung mengenai alat untuk memancing dan umpannya, karena Taman Strawberry Sukabumi sudah menyediakan penyewaan kedua hal tersebut.

Sewa alat pancingnya sendiri adalah Rp. 5.000 sedangkan umpannya dapat dibeli dengan harga Rp. 3.000. Harga ini bisa jadi berubah sewaktu-waktu.

Lokasi pemancingan ini sangat nyaman. Lokasi tersebut adalah berada di saung atau pondok-pondok yang terbuat dari bambu. Sambil memancing, tentu bisa berbincang bersama keluarga.

Ikan-ikan yang ada di kolam pemancingan Taman Strawberry Sukabumi sangat beragam. Di kolam ini adalah beberapa jenis ikan yang hidup, seperti ikan mas, ikan nila dan ikan gurami.

Ikan-ikan tersebut dapat dibawa pulang dengan syarat membayarnya terlebih dahulu. Harga per kgnya adalah kurang lebih Rp. 29.000 per kg.

Ada Play Ground
❤️

Foto By @mhdfahmi_27

Ada beberapa fasilitas lain yang dimiliki oleh tempat wisata Sukabumi ini. Di sini ada playground untuk tempat bermain anak, sehingga jika putra putri bosan memetik dan memancing, bisa bermain di sini. Selain itu ada juga flying fox yang sangat seru.

Jika masih betah berwisata di sini, maka jangan khawatir mengenai tempat menginap. Ini karena tempat wisata Sukabumi ini juga menyediakan penginapan yang cukup nyaman.

Lanjut:  10 Potret Curug Sodong di Sukabumi

Tidak cukup itu saja, di sini juga ada ruang rapat dan ada ruang yang bisa dijadikan untuk acara resepsi serta beragam penginapan di sekitarnya, baik berupa hotel, wisma atau rumah maupun villa.

Ruang rapatnya sudah terdiri dari perlengkapan guna mendukung kelancaran rapat. Adapun perlengkapan tersebut meliputi proyektor, papan tulis dan audio.

Fasilitas lainnya yang dimiliki oleh destinasi wisata Sukabumi ini adalah area parkir yang luas serta jaringan internet dari jaringan Wi-Fi.

Harga Tiket Masuk
❤️

Foto By @ekaaryanis28

Tempat agrowisata ini terletak di Jalan Kadudampit No. 10, Dsn. Situgunung, Ds. Kadudampit, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lokasinya cukup mudah diakses. Selain itu juga sudah tersedia denah secara online. Jadi cukup nyalakan GPS, maka sudah diarahkan menuju ke tempat ini.

Harga tiket masuk Taman Strawberry Sukabumi masih belum diketahui, tetapi kemungkinan besar adalah membayar biaya parkir saja.

Jika ingin informasi lebih lanjut maka sangat disarankan untuk menghubungi pihak yang bersangkutan di nomor telepon 0266 – 6251776. Pastikan juga menanyakan mengenai kondisi kebun, karena terkadang buah belum ada.

Cara Menuju Lokasi❤️

Foto By @aminh_pu

Walaupun sudah tersedia lengkap dan mudah diakses menggunakan GPS. Tetap saja harus mengetahui rute untuk menuju ke tempat wisata Sukabumi ini.

Jika berawal dari Kota Bandung maka rute yang akan dilalui yaitu Jl. Gudang Selatan – Jl. R. E. Martadinata – Jl. Layang Pasupati – Jl. Dr. Djunjunan – Tol Padalarang – Cileunyi – Cirahayu – Jl. Nasional III – Jl. Lingkar Selatan Karang tengah – Jl. Kadudampit.

Rute yang lainnya dapat diketahui dengan aplikasi Google Maps. Cukup klik detail perjalanan, maka sudah akan ditunjukan rute-rute mana yang nanti akan dilalui.

Pastikan juga memilih rute tercepat. Dari rute yang disebutkan di atas membutuh waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam untuk sampai di lokasi.

error: Content is protected !!