Selfie Maksimal di Waduk Pondok Ngawi

Lokasi: Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Indonesia
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup: 07.00 – 17.00
Telepon:

foto by instagram.com/wahyu3setyom/

Kabupaten Ngawi tidak hanya terkenal dengan penemuan manusia purbanya, yang kini memiliki museum tersendiri bernama Museum Trinil. Karena di sini ditemukan fossil manusia purba pertama kalinya, yaitu Pitecantropus Erectus.

Selain itu Ngawi juga memiliki tempat wisata lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi saat hari libur ataupun pada akhir pekan. Salah satunya adalah Waduk Pondok Ngawi.

Waduk ini dibangun pada tahun 1992 hingga selesai pada tahun 1997. Berfungsi sebagai sarana perairan lahan pertanian di 3 kecamatan yang ada di Ngawi. Yaitu Kecamatan Bringin, Padas dan Pungkur.

foto by instagram.com/estiningtyasrahmawati/

Selain berfungsi sebagai pengairan, ternyata Waduk Pondok Ngawi juga menjadi destinasi wisata baik bagi penduduk sekitar maupun penduduk diluar Kabupaten Ngawi.

Hamparan air seluas 2.596 hektar ini telah mengundang banyak wisatawan untuk datang dan menikmati suasana Waduk Pondok Ngawi yang luar biasa indah.

Hijaunya pepohonan hutan mahoni dan jati disekeliling lokasi wisata ini sangat menyegarkan mata. Tidak hanya itu, bagi anda yang hobi memancing. Anda akan menemukan surga memancing di sini.

foto by instagram.com/rentalcamera.bsp/

Disini banyak terdapat ikan air tawar yang bisa dipancing seperti Ikan Tawes, Ikan Tombro dan Ikan Mas. Juga terdapat budidaya Ikan Gurame disekitaran Waduk Pondok Ngawi.

Disini juga sering diadakan lomba memancing secara berkala. Lomba memancing ini banyak diikuti oleh para peserta tidak hanya dari Ngawi, teapi juga dari luar daerah Ngawi.

Tak perlu merasa takut jika perut anda merasa lapar. Di sekitar waduk banyak terdapat warung – warung makan dengan menu andalan Ikan Gurame Bakar. Harganyapun terbilang ramah dikantong pengunjung.

Lanjut:  9 Alasan Mengapa Kita Wajib Berkunjung Ke Eco Green Park Batu
foto by instagram.com/ronysetiawan87/

Disekitaran waduk juga ada tebing-tebing alami untuk kegiatan alam. Tak jarang dapat dilihat anak-anak Pramuka sedang melakukan kegiatan refling disini. Kegiatan itu untuk persiapan mendaki gunung.

Anda bisa datang ke Waduk Pondok Ngawi pada sore hari untuk menikmati sunset. Pemandangan disini disaat matahari tenggelam sangat indah.

Para penggemar fotografi pasti akan senang untuk berburu foto atau gambar Waduk Pondok disaat sunset tiba.

foto by instagram.com/miftaqulratna/

Selain kegiatan berburu foto sunset dan memancing. Disini telah disediakan sebuah jembatan untuk ber-selfie. Lokasinya berada di sisi timur Wasuk Pondok Ngawi.

Berfoto dengan latar belakang pemandangan Waduk Pondok pastinya akan membuat foto anda terlihat lebih maksimal. Walaupun baru dibangun di tahun 2017, jembatan selfie ini telah menjadi jujukan utama para pengunjung.

Jika anda sudah bosan dengan selfie, tak perlu khawatir. Disini juga disediakan perahu-perahu wisata. Anda bisa menyewa perahu tersebut dengan harga sewa terjangkau untuk berkeliling-keliling sekitar danau.

foto by instagram.com/dellatiffani/

Juga berbagai kegiatan lain sering diadakan disini, seperti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Search and Rescue Majlis Tafsir Al Qur’an (Diklat SAR MTA) yang ke-8 di Waduk Pondok Ngawi.

Diklat SAR MTA ini diikuti oleh 101 peserta dari berbagai daerah sewperti Jawa Timur, Kalimantan dan Bali. Dan diadakan pada bulan Februari – Maret 2024.

Potensi wisata yang besar ini diharapkan mampu untuk meningkatkan pendapata asli daerah Kabupaten Ngawi.

foto by instagram.com/nurulwj16/

Namun sayang, pengelolaan Waduk Pondok Ngawi berada dibawah pengelolaan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Ngawi tidak bisa berbuat banyak untuk mengembangkan potensi wisata tersebut.

Diharapkan kedepannya kedua instansi tersebut dapat bekerjasama secara terpadu untuk mengelola potensi wisata yang ada di Waduk Pondok Ngawi.

Lanjut:  Ingin Petik Apel Sendiri di Malang? Inilah 4 Lokasi Paling Recommended!

Jam Operasional dan Fasilitas

foto by instagram.com/ayodolanngawi/

Tempat wisata ini dibuka untuk umum mulai dari jam 07.00 hingga sore jam 17.00. Penduduk sekitar juga memulai kegiatan harian dari pagi.

Sehingga tidak perlu khawatir tersesat karena bisa menanyakan lokasi waduk kepada penduduk. Untuk masuk area waduk tidak dipungut biaya apapun kecuali biaya parkir, Rp. 1.000,- untuk sepeda motor atau Rp.5.000,- untuk mobil.

Fasilitas yang telah tersediapun sudah cukup lengkap seperti lahan parkir, warung-warung makan, spot selfie, perahu wisata, toilet umum dan tempat ibadah atau musholla.

foto by instagram.com/chindarahma/

Lokasi dan Rute ke Waduk Pondok Ngawi

Tempat ini berada di Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jatim. Atau sekitar 16 km dari pusat Kota Ngawi.

Jika anda berkendara pribadi, anda bisa menuju kesana melalui jalan raya Caruban-Ngawi. Kemudian ketika bertemu dengan permpatan Kedung Prahu maka anda harus melanjutkan perjalanan ke utara sekitar 4 km lagi.

foto by instagram.com/po_oney/

Jika masih bingung anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk membantu anda menemukan lokasi wisata tersebut. Bisa juga anda bertanya kepada penduduk sekitar.

Banyak ditemui tanda arah jalan menuju ke Waduk Pondok Ngawi di sepanjang jalan. Sehingga menemukan tempat ini tidaklah sulit.

Jika anda menggunakan transportasi umum seperti bus, anda bisa berhenti di Perempatan Pasar Kedung Prahu, di Kecamatan Padas. Dari sana anda bisa naik ojek langsung menuju lokasi Waduk Pondok Ngawi.

error: Content is protected !!